Gubernur Resmikan Koperasi Alumni Unmul, Isran: Peran Alumni Sangat Strategis

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor Resmikan Koperasi Alumni Unmul (yuvita/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor menegaskan peran dari alumni Universitas Mulawarman Samarinda sangat penting dan strategis bagi eksistensi, martabat dan kedaulatan almamaternya. Untuk itu, Isran Noor mengajak seluruh alumni Unmul agar dapat memikirkan hal-hal strategis untuk dapat berkontribusi dalam pelaksanaan pembangunan didaerah maupun secara nasional.

"Hal seperti ini kecil keliatannya namun besar maknanya. Ini adalah langkah awal peran alumni untuk berkontribusi terhadap almamater. Jadikan ini tonggak dan momentum guna memberikan penerangan bagi lingkungannya, seperti mercu suar itulah. Bukan hanya bagi Kaltim tetapi bagi bangsa dan negara," kata Isran Noor usai meresmikan Koperasi Alumni Unmul yang dirangkai dengan pembukaan bazar murah Koperasi Alumni Unmul, di halaman Gedung IKA Unmul, Jalan Penajam Gunung Kelua Samarinda, Rabu (29/05/2019).

Isran Noor mengungkapkan Pemprov Kaltim dibawah kepemimpinannya bersama Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi akan terus berusaha memperkuat Unmul sebagai perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Kaltim. Apalagi komitmen Kaltim dalam membangun sektor pendidikan sudah sangat jelas, demi peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan di seluruh wilayah Kaltim.

"Laboratorium itu penting untuk penelitian. Kita akan tingkatkan. Pemprov akan mengembangkan pendidikan kejuruan. Bangunan mangkrak yang dulu diinisiasi Pemprov akan kita lanjutkan. Kita akan koordinasikan dengan Kementerian Ristek dan Dikti," ujar Isran yang juga Ketua Umum IKA Unmul.

Isran Noor meminta pengurus Koperasi Alumni Unmul untuk dapat mengembangkan koperasi dengan berpikir sedemikian rupa, sehingga menjadi unit bisnis yang bisa menyejahterakan anggota dan masyarakat. "Bankaltimtara bisa dimaksimalkan perannya dalam mendukung pembangunan daerah di berbagai sektor. Koperasi alumni juga bisa memanfaatkan ini. Bekerjasama dengan Bankaltimtara untuk pengembangan sektor UMKM di Kaltim," pesannya.

Pada kesempatan ini dilakukan penandatanganan MoU IKA Unmul dengan PT BPD Kaltim Kaltara sekaligus launching kartu anggota IKA Unmul kerjasama dengan lembaga perbankan milik daerah ini. Juga dilaunching almamater Alumni Unmul yang ditandai dengan penyerahan jaket almamater dari Plt Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana selaku Ketua Harian IKA Unmul kepada Gubernur Isran Noor.

Selain itu, Gubernur Isran Noor didaulat untuk menyerahkan secara simbolis santunan kepada anak yatim piatu. Tampak hadir Rektor Unmul Prof Masjaya, Wakil Rektor III Unmul Encik Ahmad Syaifudin, Direktur Utama Bankaltimtara Zainuddin Fanani, Ketua Koperasi IKA Unmul Rudi Djailani, alumnus Fekon Unmul Amir P Ali, dan sejumlah alumnus Unmul.(her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait