Gubernur Resmikan Masjid Muhammad Cheng Hoo

Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi meresmikan sekaligus 4 Masjid Cheng Hoo di Balikpapan, Kutai Kartanegara dan Samarinda. (riyan/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor meresmikan empat unit Masjid Muhammad Cheng Hoo sekaligus.  Peresmian dilaksanakan di Masjid Muhammad Cheng Hoo di Jalan Ruhui Rahayu, Samarinda, Senin (26/11/2018). Empat masjid yang diresmikan berada di Kota Balikpapan, Kutai Kartanegara dan  dua masjid di Samarinda.

Gubernur Isran berharap dengan dibangunnya Masjid Muhammad Cheng Hoo dapat meningkatkan syiar Islam dan keimanan masyarakat Kaltim. Selain itu, masjid ini diharapkan juga bisa menjadi wadah bermusyawarah siapa saja, baik organisasi masyarakat bernafas Islam maupun kepemudaan. Bahkan, masjid tersebut juga diharapkan bisa menjadi obyek wisata spiritual. "Kita bangga ada tokoh masyarakat yang bersedia membangun masjid untuk rakyat Kaltim, yaitu HM Yos Soetomo yang juga merupakan Pembina Masjid Muhammad Cheng Hoo," kata Isran Noor.

Isran berharap ke depan semakin banyak Yos Soetomo yang lain di Kaltim. Artinya, dengan latar belakang pengusaha sukses, Yos Soetomo sudah banyak memberikan kontribusi besar kepada rakyat, terutama umat muslim dengan membangun masjid dan sekolah-sekolah.

Diharapkan, apa yang dilakukan Yos Soetomo dapat dicontoh para pengusaha lainnya. "Semoga Allah SWT memberikan kita semua keberkahan. Baik di dunia maupun di akhirat," ucap Isran. Dia mengakui banyak karya dan jasa yang telah dibangun Yos Soetomo di daerah ini. Yos Soetomo orang yang sangat luar biasa, mulai dari bidang ekonomi, pendidikan hingga keagamaan.

MASJID-CHANG-HOO-2

Karena itu, Pemprov Kaltim sangat mengapresiasi kerja keras dan dukungan Yos Soetomo selama ini kepada daerah. "Semoga rakyat Kaltim semakin damai. Apalagi, dibangun tempat-tempat ibadah tentu akan menambah kekhusukan masyarakat dalam beribadah dan pemerintah provinsi proporsional membantu siapa saja yang ingin membangun tempat ibadah sesuai kapasitasnya, baik dari kerukunan umat Islam, Khatolik, Kristen, Hindu, Budha maupun Konghucu," jelasnya.

Pembina Masjid Muhammad Cheng Hoo Yos Soetomo mengatakan pembangunan ini bertujuan mendukung peningkatan keimanan umat Islam di Kaltim. Diharapkan, meningkatnya keimanan umat Islam dapat mewujudkan kondusifitas dan kedamaian daerah. Peresmian juga dihadiri Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi, Walikota Samarinda Syaharie Jaang dan Forkopimda Kaltim, dan para tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Empat Masjid yang diresmikan, terdiri dari Masjid Muhammad Cheng Hoo di Wilayah Lamaru Balikpapan, Desa Batuah Tenggarong, Jalan Ruhui Rahayu Samarinda dan Jalan AW Syahranie Samarinda. Peresmian ditandai dengan pemukulan beduk dan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Isran Noor disaksikan Wagub Hadi Mulyadi dan Pembina Masjid Muhammad Cheng Hoo. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait