Gubernur Resmikan Penggunaan Guest House Pemprov Kaltim

 Awang: Untuk Umum Siapa Saja Bisa Menggunakannya

 

BALIKPAPAN - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan, setelah peresmian penggunaan gedung Guest House Pemprov Kaltim yang refresentatif, siapapun bisa menggunakannya, dan terbuka untuk umum,  karena fasilitas yang dimiliki gedung ini setara dengan hotel berbintang yang ada di Balikpapan.

"Gedung Guest House ini,  didirikan sebagai pengganti  gedung mes Pemprov Kaltim yang lama di Balikpapan, dan gedung ini milik bersama, tidak hanya bagi pemerintah daerah,  juga seluruh aparat dan militer, maupun pihak swasta  silakan dipergunakan, yang penting ini bisa menghemat, karena kalau tidak bisa menginap di hotel berbintang, bisa tidur di sini, dan siapa saja bisa menggunakan gedung ini beserta tamu-tamunya," kata Awang Faroek Ishak, pada peresmian penggunaan  gedung Guest House Pemprov Kaltim, yang berada  di Jl. Syarifudin Yoes Balikpapan. Rabu (11/2).

Menurut Awang, setelah ini dia akan meresmikan proyek MP3EI. "Insyah Allah, setelah peresmian gedung ini, kita akan juga meresmikan proyek yang  di Samarinda, seperti Convention Hall, Education Center, serta proyek-proyek MP3EI di eranya Presiden SBY,” kata Awang sembari juga mengingatkan tentang perawatan guest house.

Pembangunan Guest House Pemprov Kaltim ini ujar Gubernur sebenarnya juga sekaligus menjawab keinginan pemerintah kepada daerah agar melakukan efesiensi dan penghematan.   memanfaatkan Guest House ini, tidak lagi perlu di hotel, karena fasilitas yang ada sudah sangat memadai.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kaltim Taufik Fauzi dalam laporannya mengatakan,  pembangunan gedung  Guest Hause   dimulai sejak 2011 hingga 2013, dengan  menelan biaya  Rp57  miliar lebih, dengan luas lahan 10.600 m2, dan luas bangunan 5.983.423 m2, adapun fasilitasnya terdapat 30 kamar yang terdiri 3 kamar VIV dan 27 kamar reguler, ruang pertemuan yang bisa menampung 100-150 peserta, ruang karaoke untuk 45 orang, ruang makan/kaffe yang bisa menampung 60 orang, ruang makan VIV untuk 15 orang. lahan parkir atau basement bisa menampung 59 mobil.

"Selain itu Guest Hause juga dilengkapi dengan  dapur, pos jaga,  bagunan  genset, serta gedung pendopo yang berada di belakang gedung," kata Taufik.

Acara peresmian penggunaan gedung Guest House, ditandai dengan pengguntingan untaian melati oleh Gubernur Kaltim, kemudian dilanjutkan dengan peninjaun gedung, setelah itu dilakukan pembacaan surat Yasin dan  doa dan shalat magrib berjemaah. Hadir acara itu Wagub Kaltim, Plt Setprov Kaltim, Kapolda, Pangdan VI Mulawarman, para asisten, kepala SKPD, kepala Biro di lingkungan Pemprov Kaltim , serta undangan lainnya. (mar/hmsprov)

 

//Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak didampingi Wagub HM Mukmin Faisyal menggunting pita pada peresmian Guest House Pemprov Kaltim, dan saat Gubernur memeriksa kamar yang ada. (fajar/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait