Gubernur Resmikan STA Kaliorang

KALIORANG – Melanjutkan kunjungan kerjanya di Kabupaten Kutai Timur, setelah melakukan ground breaking Terminal CPO di Kawasan  Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Maloy, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meresmikan pemanfaatan Sub Terminal Agribisnis (STA) di Desa Bangun Jaya, Kecamatan Kaliorang, Kutai Timur.
Momen ini sekaligus dimanfaatkan Awang Faroek untuk menemui kembali warga Kaliorang yang pernah dipimpinnya saat menjadi Bupati Kutai Timur, beberapa tahun lalu.
“Saya masih seperti yang dulu. Hari ini saya sangat berbahagia karena bisa menemui kembali masyarakat Kaliorang. Saya yakin masyarakat Kaliorang sudah lebih sejahtera dibanding sebelumnya. Itu semua berkat kemajuan pembangunan yang dilakukan dan kerja keras masyarakat Kaliorang,” sapa Awang Faroek mengawali sambutannya sebelum peresmian STA Kaliorang, Rabu (3/7).
Contoh kemajuan pembangunan yang dilakukan adalah pembangunan pertanian dalam arti luas. Komitmen Gubernur Awang Faroek untuk membangun dunia pertanian di Kaltim tergambar jelas dari program-program pro rakyat yang dikembangkan. Salah satunya adalah pembangunan Sub Terminal Agribisnis Kaliorang.
Awang mempersilahkan para petani dan para ibu rumah tangga di desa-desa setempat memanfaatkan fasilitas STA ini sebaik-baiknya dalam koordinasi yang baik dengan Dinas Pertanian Kaltim.
“STA ini dibangun untuk kepentingan masyarakat, karena itu manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya. Teruslah berkreatifitas untuk memberikan nilai tambah dari produk hasil pertanian  sehingga secara langsung itu akan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Awang.
Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kaltim H Ibrahim menjelaskan, pemanfaatan STA ini sudah diuji coba sejak setahun lalu dan pengaruhnya cukup baik bagi masyarakat setempat. Beberapa fasilitas yang tersedia di STA tersebut antara lain, vacuum frier (vakum penggorengan, oven, alat perajang dan penepung, bak pencucian dan perendaman. Di STA juga disiapkan gudang penyimpanan dan ruang pertemuan yang dapat dimanfaatkan masyarakat setempat.
“Masyarakat sudah mampu membuat produk olahan yang berasal dari hasil pertanian pisang dan singkong dengan kualitas lebih baik. Soal kemasan yang baik, kami juga terus memberikan pembinaan,” jelas Ibrahim.
Pada kesempatan tersebut Gubernur Awang Faroek juga memberikan berbagai bantuan kepada petani dan masyarakat setempat. Bantuan berupa alat-alat pertanian, pupuk dan ternak. Selain itu gubernur juga memberikan bantuan lain yakni Beasiswa Kaltim Cemerlang dan alat-alat olahraga bagi para pemuda setempat.
Setelah melakukan peresmian STA Kaliorang, Gubernur Awang Faroek dan rombongan kembali melanjutkan kunjungan kerjanya ke Desa Sepaso Timur, Kecamatan Bengalon. Di sini Gubernur kembali disambut ribuan massa yang sejak pagi sudah menunggu kehadiran mantan bupati mereka.
Di sini gubernur juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat. Gubernur juga memberi semangat agar rakyat Kutai Timur terus berkarya, bekerja dan lepas dari kemiskinan. Rakyat Kutai Timur harus sejahtera.(sul/hmsprov)

// Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak melihat hasil tanaman petani, berupa pisang yang telah dikemas dan siap kirim, disela-sela peresmian pemanfaatan Sub Terminal Agribisnis (STA) di Desa Bangun Jaya, Kecamatan Kaliorang, Kutai Timur.(johan/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait