Kalimantan Timur
Gubernur Resmikan Tiga Samsat Pembantu di Balikpapan

foto:arief/humasprovkaltim

BALIKPAPAN - Tidak tanggung-tanggung, guna mendekatkan pelayanan dan kemudahan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) kepada masyarakat, Pemprov Kaltim melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim meresmikan tiga Kantor Samsat Pembantu sekaligus, yakni Kelurahan Graha Indah, Kelurahan Gunung Samarinda Baru dan Kelurahan Teritip di wilayah Balikpapan. 

 

Peresmian dilakukan oleh Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor yang dipusatkan di Kantor Kelurahan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara, Kamis (11/02). 

 

Gubernur Isran Noor mengatakan selain dalam upaya mendekatkan pelayanan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas pembayaran pajak, khususnya PKB,  pembukaan Samsat Pembantu di kelurahan-kelurahan juga merupakan investasi bagi pemerintah daerah. 

 

"Yang pada gilirannya berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan sebagai sumber dana pembangunan baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional, yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat secara umum," kata Isran Noor. 

 

Ditambahkan, potensi PKB di Balikpapan luar biasa dengan jumlah kendaraan bermotor 609.552 unit. Terdiri roda dua 468.388 unit dan roda empat 141.164 unit. Jumlah itu tentunya bisa berkontribusi besar terhadap pendapatan asli daerah (PAD).

 

"Terima kasih kepada jajaran Bapenda Kaltim, Ditlantas Polda Kaltim dan PT Jasa Raharja, serta Pemkot Balikpapan yang telah bersinergi dengan baik sehingga diresmikannya Samsat Pembantu di tiga kelurahan wilayah Balikpapan ini. Semoga PAD kita semakin meningkat dan masyarakat juga semakin sadar membayar pajak kendaraan bermotor," ucap Isran. 

 

Kepala Bapenda Kaltim Hj Ismiati mengatakan peresmian tiga kantor Samsat Pembantu di wilayah Balikpapan ini merupakan bagian dari aksi perubahan UPTD PPRD Bapenda Kaltim Wilayah Balikpapan, dengan tujuan untuk mendekatkan pelayanan dan membersihkan data piutang PKB melalui rukun tetangga (RT) yang difasilitasi lurah.

 

"Samsat pembantu ini terintegrasi secara online, jadi masyarakat yang ingin membayar PKB tahunan dari daerah mana saja bisa dilakukan di sini, kecuali untuk pajak lima tahunan yang harus ke Samsat Induk atau Samsat Penuh. Terima kasih atas dukungan dari seluruh pihak sehingga diresmikan Samsat Pembantu untuk tiga kelurahan di Balikpapan ini," kata Ismiati.

 

Acara dihadiri Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Putu Agung Sujarnawa, Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Singgamata, Asisten II Bidang Ekbang dan Kesra Setda Kota Balikpapan Muhammad Nur, sejumlah Camat dan Lurah di Kota Balikpapan. (her/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation