Gubernur: Salurkan Hak Suara dengan Sebaik-baiknya

Ajak Masyarakat Berpartisipasi Aktif Dalam Pilpres

SAMARINDA–Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan menjelang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden pada 9 Juli 2014, Kaltim patut bersyukur, karena hingga kini tetap dalam kondisi yang aman dan kondusif. Untuk itu, diimbau kepada seluruh masyarakat Kaltim agar dapat terus menjaga persatuan dan kesatuan, keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat, demi keutuhan dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Momentum Pemilu Presiden dan Wakil Presiden sudah sangat dekat, maka yang sangat diperlukan adalah kesadaran dan pemahaman yang lebih baik bagi warga masyarakat, dalam kehidupan bermasyarakat maupun kehidupan berbangsa dan bernegara. Khususnya agar masyarakat berpartisipasi aktif menggunakan hak pilihnya dalam pemilu kali ini,” kata Awang Faroek.

Menurut dia, situasi yang aman dan kondusif ini juga sangat diperlukan, terutama dalam menyukseskan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden periode 2014-2019. Pilihan atau dukungan masyarakat terhadap para calon Presiden dan Wakil Presiden nantinya pasti ada yang berbeda.

“Akan tetapi, pesta demokrasi tersebut harus kita sukseskan, salurkan hak suara dengan sebaik-baiknya, jangan sampai menjadi golput, karena suksesnya Pemilu Presiden dan Wakil Presiden akan menentukan nasib bangsa dan negara ini lima tahun ke depan,” jelasnya

Untuk itu, gubernur mengajak semua masyarakat masyarakat Kaltim untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Karena, Pemilu merupakan sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dalam pemerintahan NKRI yang berdasarkan Pancasila sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945.

Oleh karena itu, Pemilu harus dilaksanakan secara lebih berkualitas dengan partisipasi rakyat seluas-luasnya, atas dasar prinsip demokrasi, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan beradab.

“Marilah Pilpres ini kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Salurkanlah aspirasi dan pilihan kita masing-masing. Jangan sampai ada yang menjadi golongan putih (golput),” ucapnya.

Awang Faroek mengingatkan bagi para pendukung masing-masing capres dan cawapres agar dapat menyikapi hasil Pilpres dengan bijaksana. Karena, kalah atau menang dalam Pemilu merupakan hal biasa. Ini sekaligus merupakan pembelajaran kedewasaan masyarakat dalam berpolitik dan berdemokrasi.

“Semoga dengan sukses pilpres, kita nanti akan memiliki Presiden dan Wakil Presiden yang berkualitas sesuai dengan keinginan atau aspirasi masyarakat. Yakni yang amanah dan mampu membawa bangsa dan negara ini pada perubahan menuju masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera,” pungkasnya. (her/sul/hmsprov)

Berita Terkait