Gubernur Sambut Baik Rencana Pembangunan Gedung Pusdalops

SAMARINDA - Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim H Wahyu Widhi Heranata, menjelaskan Gubernur Kaltim Dr H Awang  Faroek Ishak memberi perhatian serius pembangunan gedung Pusat Pengendalian Operasi Penangulangan Bencana (Pusdalops- PB).  
"Rabu tadi kami menghadap gubernur melaporkan  pembangunan gedung Pusdalops dan beliau menyambut baik bahkan memberi saran dan masukan agar pembangunan gedung itu terlaksana dengan baik," kata Wahyu Widhi Heranata saat dihubungi, Kamis (25/7).  
Gubernur juga meminta agar pembangunan gedung tersebut tetap memperhatikan masalah-masalah lingkungan.  Lahan tidak dihabiskan untuk bangunan, tetapi juga disisakan ruang hijau agar nampak asri. Dia juga  berharap gedung ini akan menjadi pusat koordinasi penanggulangan bencana di Kaltim, sehingga bencana bisa ditangani lebih cepat dan optimal.  
"Gubernur juga berpesan agar ada ruangan khusus untuk krisis centre, sehingga jika terjadi bencana bisa mudah berkoordinasi," ujarnya.
Selain menyampaikan saran dan pesan gubernur juga bersedia melakukan ground breaking pembangunan gedung Pusdalops-PB yang direncanakan pada 20 Agustus nanti.  
Dijelaskan Widhi, Pusdalops-PB dibangun dengan anggaran APBD Provinsi  sebesar Rp 9 milliar lebih, bersebelahan dengan kantor Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim, Jalan MT Haryono, Samarinda.
Gedung tersebut akan dilengkapi  gudang peralatan dan logistik bencana dan akan menjadi sentral penanganan bencana  dan tanggap darurat bencana.  
"Target kami, kinerja Pusdalops Kaltim akan mampu menyamai Pudalops BNPB yang mampu mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyajikan data serta melakukan operasi penangulangan bencana pada tahap prabencana, saat tanggap darurat dan pascabencana secara cepat dan akurat ," ungkapnya. (sar/hmsprov).
 

Berita Terkait