Gubernur Segera Bangun Kantong Parkir

Sebagian Tepian Mahakam bakal disulap jadi kantong parkir seperti di Korea Selatan. (dok/humasprov)

 

SAMARINDA – Guna mengantisipasi sekaligus meminimalisir kemacetan dan permalahan lalu lintas di Kota Samarinda sebagai ibukota provinsi, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak akan segera membuat kantong-kantong parkir utamanya di sepanjang pinggiran Sungai Mahakam. “Sepanjang Mahakam akan saya buat kantong-kantong parkir seperti di luar negeri yang terlihat tertib dan rapi,” katanya.

 

Gubernur mengakui selama ini kendaraan baik roda dua maupun roda empat selalu parkirnya di badan jalan. Akhirnya, cara parkir yang demikian itu mengakibatkan kemacetan dan permasalahan lalu lintas terlebih Samarinda yang jumlah kendaraannya terus meningkat.

 

Menurut Awang, pola parkir dengan kantong-kantong parkir tentu akan  terlihat rapi dan mudah menciptakan disiplin berlalulintas karena tertata dengan baik. Selain itu, pengelolaan parkir yang baik seperti adanya kawasan atau kantong parkir tentu akan menghasilkan pendapatan bagi daerah khususnya pengelolaan retribusi parkir kendaraan. “Saya yakin masyarakat akan senang parkir di tempat yang tertata baik sebab selain rapi juga terjamin keamana kendaraannya,” jelas gubernur.

 

Karenanya, Pemprov melalui Dinas Pekerjaan Umum akan segera membangunkan kantong-kantong parkir kendaraan di sepajang Sungai Mahakam. Apalagi lanjutnya, tepian sudah menjadi ikon dengan sebutan Kota Tepian. Pola parkir ini bisa mengadopsi pengelolaan perparkiran di luar negeri seperti Korea Selatan dan negara-negara maju lainnya “Kalau parkirnya tertata baik dengan kantong-kantong parkir, selain tidak akan terjadi kemacetan di jalan-jalan,  pola ini juga bisa menghasilkan pendapatan bagi daerah,” ungkapnya. Awang menambahkan pihaknya akan terus membantu pemerintah kabupaten maupun kota termasuk Kota Samarinda agar bisa menjadi kota yang tertib lalu lintas.(yans/sul/humasprov)

Berita Terkait