Gubernur Serahkan Bantuan pada Malam Pesta Rakyat

SENDAWAR – Gubernur Kaltim Dr. H. Awang Faroek Ishak, menyampaikan bantuan, dalam rangkaian kunjungan kerja ke Kutai Barat dan Mahakam Hulu. Sejumlah bantuan berupa 2.556 unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)  yang nilainya mencapai Rp7,3 miliar.
"Bantuan ini diperuntukan bagi masyarakat baik secara perseorangan  maupun kelompok, dengan harapan bisa menjadi modal melakukan kegiatan usaha, khusunya bisang pertanian dalam arti luas," kata Awang Faroek disela-sela malam hiburan rakyat di Lamin Budaya Adat Kutai Barat, Minggu malam (19/5).
Bantuan perluasan tanaman karet 100 hektare dengan nilai Rp840,5 juta. Pengembangan kelapa sawit rakyat 285 ha (Rp1,6 miliar),  dan bantuan bibit karet untuk pengembangan 90 ha senilai (Rp632 juta). Selain itu ada juga bantuan bibit kakao  seluas 75 ha  yang nilainya mencapai Rp450 juta.
Dalam kesempatan itu juga diserahkan paket  bantuan senilai Rp1,38 miliar terdiri dari bantuan langsung uang tunai senilai Rp400 juta untuk empat kelompok nelayan.Bantuan bibit ikan untuk pembudaya dan bantuan untuk kelompok nelayan berupa benih ikan nila, patin, lele, ikan mas, mesin ketinting perahu dan alat tangkap ikan senilai Rp240 juta.
Kemudian Bantuan untuk Program Keluarga Harapan senilai Rp1,5 miliar, bantuan Kelompok Usaha Bersama untuk pengentasan kemiskinan senilai Rp600 juta dan bantuan lainnya senilai ratusan juta rupiah.
Demikian juga dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi berupa perbaikan pasar di Kecamatan Ligang Bigung, pembangunan Gudang Beras Raskin senilai Rp1,7 miliar dan penyerahan bantuan berupa 10 unit pengolah rotan, lima mesin genset, tiga kendaraan bermotor roda tiga dan dua unit long boat senilai Rp4,7 miliar.
Bantuan bidang peternakan juga disampaikan, yakni untuk pengembangan sapi sebanyak 40 ekor, pengembangan kerbau 30 ekor, pengembangan 145 ekor kambing dan bantuan pengembangan babi sebanyak 50 ekor. Selain itu juga bantuan pemanfaatan kotoran hewan untuk energi alternatif serta bantuan untuk pemberantasan rabies dengan total nilai Rp3,7 miliar.
Gubernur juga menyerahkan bantuan berupa alat kesenian gendang melayu, tambur, dumpuk, biola, jimbe dan sampeq senilai Rp44,48 juta. Selain itu juga diserahkan pemenang kategori PNPM Mandiri Pedesaan kepada juara pertama Kecamatan Muara Pahu Rp300 juta Kecamatan Linggang Bingung Rp240 juta dan Kecamatan Jempang mendapat hadiah Rp200 juta.
Bantuan bidang olahraga, yakni peralatan olahraga bola voli dan sepakbola serta bantuan dana untuk Kwartir Gerakan Pramuka Kutai Barat senilai Rp48 juta.
Gubernur bersama rombongan Satuan kerja Perangkat Daerah dan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat berbaur dengan masyarakat Sendawar pada malam hiburan rakyat.
Bersama Bupati Kutai Barat, Ismail Thomas,  Gubernur dan  seluruh anggota rombongan kunjungan kerja,  larut dalam suasana gembira dengan kehadiran artis tempo dulu, Eddi Silitonga.
Tampak ratusan warga Sendawar dan sekitarnya yang setia menunggu sejak acara dimulai hingga berakhir, tampak berjoget di bawah panggung diiringi lagu-lagu yang dibawakan oleh Awang Faroek Ishak.
Dalam acara ini tampak sejumlah pejabat yaitu Ketua DPRD Kaltim, HM Mukmin Faisaal, Kepala Bapedda H. Rusmadi, Ketua K5 Kaltim, Prof. Dady Ruhiyat dan sejumlah Kepala SKPD baik dari Provinsi Kaltim maupun dari Kabupaten Kutai Barat.
Sebelum acara hiburan dimulai, undangan disuguhi beberapa tari daerah di antaranya Tari Belian Bawo, Tari Seraung dan Tari Anyam Tikar yang dibawakan kelompok binaan Dinas Pariwisata Kubar.(yul/hmsprov).

////Foto : Gubernur Kaltim Dr. H. Awang Faroek Ishak menyerahkan sejumlah bantuan kepada warga Kutai Barat baik secara perorangan maupun kelompok yang umumnya  terkait dengan pengembangan usaha pertanian dalam arti luas.(yuliawan/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation