Gubernur Serahkan Bantuan Rp1,3 Miliar untuk 52 Ponpes

Foto : Gubernur Isran Noor secara simbolis menyerahkan bantuan kepada pondok pesantren se-Kaltim. (arif murthada/humasprov kaltim)

BALIKPAPAN – Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor menyerahkan Bantuan Operasional Pendidikan Pesantren (BA BUN) secara simbolis kepada perwakilan pondok pesantren sebesar Rp1,3 miliar.

 

Secara keseluruhan untuk tahap 2 ini  bantuan akan diberikan kepada 52 pondok pesantren se-Kaltim. Bantuan diberikan untuk mendukung pengembangan pendidikan non formal di Benua Etam. 

 

"Bantuan ini tidak seberapa, dari pada kontribusi yang sudah diberikan seluruh pengasuh maupun pengurus pondok pesantren di Kaltim selama ini. Semoga bantuan ini bermanfaat," kata Isran Noor di sela kunjungan Komisi VIII DPR RI dalam Masa Persidangan I Tahun Sidang 2019-2020 di UPT Embarkasi Haji, Balikpapan, Jum’at (9/10/2020).

 

Isran meyakini dengan bantuan tersebut akan terjadi peningkatan kualitas lulusan pondok pesantren serta mampu membawa keutuhan umat. 

 

Selain itu, keberadaan pendidikan pondok pesantren sebagai bentuk peningkatan nilai-nilai keagamaan maupun spiritual generasi muda agar semakin baik dan berakhlak. 

 

"Apalagi, Kaltim telah ditetapkan sebagai ibu kota negara, tentu peningkatan spiritual wajib dimiliki SDM kita. Bukan hanya kualitas akademik yang ditingkatkan. Sehingga ketika IKN terwujud, kita sudah memiliki SDM berkualitas secara spiritual maupun pengetahuan formal lainnya, baik teknik maupun perekonomian," kata Isran.

 

Sementara itu, kunjungan Komisi VIII dipimpin wakil ketua HM Ihsan Yunus. Hadir pula sejumlah anggota DPR RI lainnya. Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama H Masrawan, Walikota Balikpapan diwakili Asisten II Pemkot Balikpapan, dan Plt Kepala Biro Kesejateraan Rakyat Setda Provinsi Kaltim H Elto. 

 

"Kami sangat bersyukur dengan kunjungan DPR RI dari Senayan ke Benua Etam. Semoga semakin meningkatkan sinergitas antara Pemprov Kaltim dengan legislatif Senayan," kata Isran Noor.

 

Gubernur  berharap kunjungan ini dapat meningkatkan semangat untuk memberikan  pelayanan pendidikan keagamaan di Kalimantan Timur. "Semoga pemerintah pusat terus membantu Kaltim yang juga telah ditetapkan menjadi ibu kota negara," harap Gubernur. (ky/jay/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait