Gubernur Siap Resmikan UNU Kaltim

Wujudkan Pendidikan untuk Bangsa

SAMARINDA-Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak siap meresmikan pendirian Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kaltim, awal Oktober 2014 di Samarinda. Awang berharap UNU mampu mencetak sumber daya manusia berkualitas.

“Untuk menciptakan kualitas lulusan yang baik, maka perlu dibentuk Badan Pengawas, Dewan Pembina dan Pengurus yang bisa mengelola pengembangan kampus. Dengan begitu maka akan dihasilkan mahasiswa-mahasiswa berkualitas yang pada akhirnya akan berkontribusi pada pembangunan daerah,” kata Awang Faroek Ishak usai menerima Pengurus Yayasan UNU Kaltim bersama jajaran Akademik UNU Kaltim di Balikpapan, Sabtu (13/9).

Gubernur mengatakan, Pemprov Kaltim mendukung pendirian UNU karena sejalan dengan program prioritas Pemprov Kaltim untuk menciptakan SDM berkualitas. Apalagi, UNU Kaltim akan dipimpin H Farid Wadjdy, mantan Wagub Kaltim sebagai Rektor UNU, maka  perguruan tinggi tersebut diyakininya akan berkembang dengan baik. 

“Saya berharap  tenaga pengajar UNU nanti memiliki kompetensi setingkat S-2 dan S-3. Karena itu, dengan tujuan untuk membantu peningkatan kompetensi tenaga pengajar, Pemprov Kaltim siap membantu melalui Beasiswa Kaltim Cemerlang. Hanya, setelah menyelesaikan pendidikan, tenaga pengajar tersebut harus kembali dan mengabdi ke UNU Kaltim,” pesan gubernur.  

Sementara itu, Rektor UNU Kaltim H Farid Wadjdy mengatakan saat ini UNU Kaltim telah menerima surat persetujuan untuk mendirikan perguruan tinggi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor SK 196/E/O/2014 tertanggal 4 Juli 2014.

Perguruan tinggi ini akan membuka 10 program studi (Prodi), antara lain teknik industri, teknik informatika, teknologi industri pertanian, arsitektur, desain interior, farmasi, hubungan internasional, ilmu komunikasi, pendidikan anak usia dini (PAUD) dan akuntansi.

Setelah diterimanya surat ijin pendirian ini, beberapa hal telah dipersiapkan, yakni penerimaan mahasiswa baru angkatan pertama tahun akademik 2014/2015 yang dilaksanakan dua gelombang, yaitu gelombang pertama 1-30 September 2014 dan gelombang kedua 1-20 Oktober 2014.

"Awal perkuliahan dilaksanakan 28 Oktober 2014. Kami berharap dari angkatan pertama ini bisa menerima 300 mahasiswa baru,” jelasnya.

Saat ini UNU Kaltim telah memiliki lahan untuk dibangun kampus, yakni di HM Rifaddin Samarinda Seberang berdekatan dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kaltim.

Untuk angkatan pertama, mereka untuk sementara akan melakukan proses perkuliahan di  Pondok Pesantren Al Mujahidin di Jalan KH Harun Nafsi Samarinda Seberang.

“Rencana groundbreaking pembangunan kampus di lahan Pemprov Kaltim dilaksanakan akhir tahun ini dengan luas lahan 4,5 hektar. Tetapi, untuk menyukseskan penyelenggaraan proses perkuliahan di UNU Kaltim, rencana minggu pertama Oktober 2014 dilaksanakan launching pendirian UNU Kaltim yang dilakukan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak. Gubernur menyatakan siap hadir saat launching nanti,” ungkap Farid.  

Bagi para lulusan SMA yang ingin mendaftar, mereka dapat mengakses melalui www.unukaltim.com dan www.unukaltim.ac.id atau datang ke kampus sementara UNU Kaltim di Pondok Pesantren Al Mujahidin Jalan KH Harun Nafsi Samarinda Seberang.  (jay/sul/hmsprov) 

//Foto: PERGURUAN TINGGI BARU. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak ketika menerima audiensi Rektor UNU Kaltim H Farid Wadjdy (kedua dari kiri) bersama Pengurus Yayasan UNU Kaltim baru-baru ini di Samarinda. (dok/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait