Gubernur Tagih Janji Menhub Tingkatkan Status Kalimarau

Gubernur Awang Faroek Ishak dan Menhub di Bandara APT Pranoto. (rosehan/humasprov kaltim).

SAMARINDA - Momentum kunjungan kerja (Kunker) Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pekan lalu tidak disia-siakan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak untuk menyampaikan aspirasi masyarakat Kaltim, terutama dalam peningkatan status Bandara Kalimarau Berau menjadi Bandara Internasional yang hingga kini belum terlaksana. 

Awang meminta agar Menhub Budi Karya Sumadi bisa memperjuangkan status tersebut, sehingga kerjasama Indonesia, termasuk pemerintah daerah dengan luar negeri di sektor pariwisata dan perekonomian berjalan baik. "Mulai Menteri Perhubungan terdahulu sudah diusulkan. Karena itu, kami minta semoga di kepemimpinan Presiden Joko Widodo, status Bandara Kalimarau bisa berubah menjadi internasional," kata Awang, belum lama ini (8/7).

Karena, untuk mendukung kerja sama pemerintah daerah dengan luar negeri, mulai Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura, tentu memerlukan infrastruktur yang baik. Begitu juga dengan dukungan adanya status bandara tersebut, di mana sektor wisata di wilayah Berau sangatlah menjanjikan dan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat. "Jika ini terwujud, yakinlah kesejahteraan rakyat juga semakin meningkat. Karena, pesawat berkapasitas besar dari luar negeri akan bisa mendarat di Bandara Kalimarau," jelasnya.

Selain Kalimarau, Awang juga meminta Menhub mendukung Bandara APT Pranoto statusnya menjadi internasional. Sehingga lengkap Kaltim memiliki bandara berkelas internasional. "Kalau sudah disetujui, lengkap sudah aspirasi kami mewujudkan bandara internasional di ibukota Kaltim. Usulannya pun sudah kami sampaikan. Semoga ini bisa menjadi pertimbangan Pak Menhub," harapnya.

Menhub Budi Karya Sumadi mengetahui persis bagaimana kebutuhan bandara di Kaltim. Karena itu, apa yang menjadi aspirasi masyarakat Kaltim maupun pemerintah semoga bisa diwujudkan. "Yang jelas, kami sangat apresiasi semangat pemerintah daerah membangun bandara. Selanjutnya, pemerintah pusat akan pertimbangkan dan kami minta pihak terkait bisa mendukung pengembangan bandara di daerah ini, terutama dukungan dari PT Angkasa Pura I," tegas Menhub. (jay/sul/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation