Kalimantan Timur
Gubernur Tegaskan Kondusifitas Kaltim Semakin Kuat

dok.humasprovkaltim

SAMARINDA - Selama ini bahkan dua tahun terakhir selama kepemimpinan Gubernur Kaktim Dr H Isran Noor bersama Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi, kerukunan dan kehidupan damai antar umat beragama sangat terasa.

Diakui Gubernur Isran Noor semangat kerukunan dan hidup harmonis sangat kuat di Benua Etam, sehingga setiap pelaksanaan hari besar keagaman tetap aman.

"Bagus. Kondusifitas kita selalu terjaga. Kaltim sangat kondusif. Itu yang diharapkan masyarakat. Ini kerjasama kita semua," kata Isran Noor usai memimpin upacara peringatan Hari Amal Bhakti ke-74 Kementerian Agama di Halaman Parkir GOR Segiri Jalan Kesuma Bangsa Samarinda, Jumat (3/1/2020).

Paling dirasakan lanjut Isran, saat perayaan Natal dan tahun baru lalu ini, dimana keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) betul-betul terjaga dan terpelihara dengan baik. Demikian pula, perayaan hari besar keagamaan umat lainnya di Kaltim.

"Jadi benar kalau umat hidup rukun, kita semua bahagia. Karenanya, mari kita jaga dan pelihara keamanan dan kedamaian yang sudah terwujud. Semua kita terlibat menciptakan kondusifitas daerah," ajak Isran.

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim H Sofyan Noor mengungkapkan Kemenag diberi tugas dan kewenangan menjaga umat selalu hidup rukun melalui Pusat Kerukunan Beragama Kemenag.

"Namun kita semua atau setiap orang berkewajiban menjaga dan menciptakan kerukunan umat melalui toleransi kehidupan beragama. Sesuai tema Hari Amal Bhakti Kemenag, Umat Rukun, Indonesia Maju," jelasnya.

Keyakinan beragama oleh masing-masing umat beragama harus absolut. Namun, ungkap Sofyan, setiap pemeluk agama harus menghormati dan menghargai pemeluk agama lain, sehingga tercipta harmonisasi dan toleransi kehidupan beragama, termasuk di Kaltim.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait