Gubernur Terima Anugerah Bintang Jasa Utama

Gubernur Terima Anugerah Bintang Jasa Utama

 

SAMARINDA- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak kembali menerima penghargaan dari negara. Kali ini gubernur pertama pilihan langsung rakyat Kaltim itu akan menerima penganugerahan tanda kehormatan Bintang Jasa Utama yang akan diserahkan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Rabu (13/8) di Istana Negara Jakarta.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Kaltim S Adiyat mengungkapkan, penghargaan tanda kehormatan negara itu diberikan kepada Gubernur Awang Faroek Ishak karena sejak awal kepemimpinannya, Gubernur Awang Faroek Ishak dinilai sangat konsisten memperjuangkan dan melaksanakan agenda-agenda pembangunan yang pro rakyat, khususnya pada bidang koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Penganugerahan tanda kehormatan Bintang Jasa Utama ini tentu sudah melalui proses yang ketat. Bagi gubernur, penghargaan yang diberikan negara dalam rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke-69 ini merupakan penghargaan bagi seluruh rakyat Kalimantan Timur," kata Adiyat, Selasa (12/8).

Adiyat menjelaskan, penilaian yang menjadi pertimbangan negara untuk menganugerahkan tanda kehormatan kepada Gubernur Awang Faroek Ishak diantaranya karena komitmen kuat gubernur untuk memberdayakan koperasi dan UMKM dengan diterbitkannya Perda Nomor 4 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Koperasi dan UKM dan Perda Nomor 9 Tahun 2013 tentang Pembentukan PT Jamkrida.

Dia menambahkan, penilaian pemerintah pusat juga tidak bisa dilepaskan dengan perhatian besar Gubernur Awang Faroek Ishak dalam pembinaan koperasi dan UMKM. Program-program pro rakyat untuk pembinaan koperasi dan UMKM terus dilakukan melalui program-program satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait.

"Gubernur terus mendorong agar semua kabupaten dan kota di Kaltim menjadi kabupaten dan kota penggerak koperasi. Saat ini sudah tujuh kabupaten dan kota yang sudah terwujud. Diharapkan, satu dua tahun ke depan, semua kabupaten dan kota sudah menjadi kabupaten dan kota penggerak koperasi," beber Adiyat.

Gubernur juga mendorong aktifitas koperasi-koperasi di Kaltim untuk menjelma menjadi koperasi berbasis industri untuk memberikan nilai tambah produk dan mampu bersaing di erah pasar bebas tahun depan. Koperasi berbasis industri ini diharapkan gubernur, tidak hanya diaktifkan di daerah perkotaan dan pedesaan, tetapi hingga daerah pedalaman, terpencil hingga kawasan perbatasan.

"Selain itu,  perhatian Gubernur Awang Faroek Ishak untuk membantu para pelaku usaha kecil dan menengah termasuk koperasi untuk lebih mudah mendapatkan fasilitas kredit dari perbankan nasional maupun daerah juga menjadi poin positif bagi gubernur," tegas Adiyat.

Sementara itu mantan Kadis Perindagkop dan UMKM Kaltim HM Djailani yang baru dilantik sebagai Kadis Nakertrans Kaltim menambahkan pula; alasan diberikannya Bintang Jasa Utama antara lain karena komitmen Gubernur dalam hal beasiswa Kaltim Cemerlang, Perlindungan Anak dan Lansia.

”Kemudian komitmen terhadap pelayanan kesehatan, ketahanan pangan, lingkungan hidup (Kaltim Green), tertib ukur untuk para konsumen dan lainnya,” kata Djailani.

Gubernur Awang Faroek Ishak akan menerima penganugerahan tanda kehormatan Bintang Jasa Utama ini bersama Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan Brigjen TNI (Purn) Abraham Octavianus Atururi. (sul/hmsprov)

//Foto: SANGAT KONSISTEN. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dalam suatu kegiatan jual beli, senantiasa mendorong tumbuhnya usaha koperasi dan berkembangnya UMKM dan ekonomi kerakyatan. (dok/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Peringatan HUT ke-60 Provinsi Kaltim
Peringatan HUT ke-60 Provinsi Kaltim

15 Oktober 2016 Jam 00:00:00
Sosial

LENSA KALTIM MAJU
LENSA KALTIM MAJU

10 Februari 2014 Jam 00:00:00
Sosial