Gubernur Terima Manajemen PT M&H Kalimantan Panel Surya, Segera Bangun Panel Surya 360 MW

Gubernur Awang Faroek bersama Manajemen PT M&H Kalimantan Panel Surya yang menyatakan berminat untuk membangun Panel Surya berkapasitas 360 MW. (seno/humasprovkaltim)

 

Gubernur Terima Manajemen PT M&H Kalimantan Panel Surya, Segera Bangun Panel Surya 360 MW

 

SAMARINDA - Gubernur Awang Faroek Ishak menerima audensi manajemen PT M&H Kalimantan Panel Surya di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (30/5). Ungkapan syukur disampaikan Gubernur atas investasi yang digelontorkan oleh perusahaan ini. Kalimantan Panel Surya.

“Bulan Ramadan alhamdulillah membawa berita yang sangat bagus bagi rakyat Kaltim. PT M&H Kalimantan Panel Surya mau membangun listrik panel surya memanfaatkan sinar matahari yang akan didirikan di Balikpapan,”  puji Awang.

Dia juga menyampaikan perusahaan ini sudah memiliki lahan di Kariangau dengan luas 5 hektar. Minggu depan diharapkan presentasi sudah bisa dilakukan oleh perusahaan ini.

“Saya minta minggu depan dipresentasikan. Saya senang menerimanya karena proyek ini adalah termasuk energi baru terbarukan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Jadi nanti mereka kerja sama dengan BUMD, Perusda Ketenagalistrikan. Tenaga listrik panel surya ini besarnya 360 megawatt (MW). Kalau ini benar-benar terjadi ini merupakan proyek panel surya yang pertama di Indonesia,” tegas Awang.

Selama ini lanjut Awang sudah banyak solar cell tapi dengan daya kecil di daerah pedalaman dan perbatasan. “Di Berau sudah memakai panel surya tetapi untuk 360 megawatt baru kali ini ada yang datang berinvestasi. Itu alasan saya mau menerima investasi ini,” ungkapnya.

Perusahaan ini akan diberikan kemudahan proses perijinan untuk membangun hingga pengangkutan barang-barang dari Jerman ke Kalimantan. Mereka juga berjanji tenaga kerjanya diambil dari tenaga kerja lokal sebanyak 1.500 orang lengkap  dengan instruktur dan mereka akan diberikan pendidikan terlebih dahulu.

“Ada trainingnya jadi bisa bekerjasama dengan BLK di Balikpapan atau di Samarinda,” tambah Gubernur.  Kehadiran panel surya ini sangat diharapkan untuk membantu memenuhi kebutuhan listrik masyarakat.

Founder and Owner PT M&H Kalimantan Panel Surya Markus Hans Otto Wuensche mengaku sangat gembira atas respon positif Gubernur.

“Saya pribadi pikir setiap pekerjaan bisa dipelajari. Berarti perlu orang yang punya niat untuk kerja. Saya ingin memberikan kesempatan kepada setiap orang di sini. Keinginan kita ada untuk benar-benar buktikan Indonesia mampu, karyawan semua dari Indonesia tapi kualitas Jerman,” ungkapnya.

Saat pertemuan kemarin Gubernur Awang Faroek didampingi Kepala Biro Perekonomian H Nazrin. Sedangkan Markus Wuensche datang bersama Hannes Alexander Luschin dan Direktur Latifah Hanum serta Komisaris Putri Purnamasari. (ayu/sul/es./humasprov)

Berita Terkait