Gubernur: Terus Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Balikpapan Terbaik Dalam Perekaman e-KTP

 

JAKARTA – Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak  memberikan apresiasi tinggi terhadap prestasi Kota Balikpapan sebagai  daerah terbaik terkait perekaman data e-KTP untuk Wilayah Indonesia Tengah.

Penghargaan tersebut disampaikan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi kepada Walikota Balikpapan, H Rizal Effendy pada Rakornas Persiapan Penyerahan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) 2014 serta Pemantapan Stabilitas Keamanan dan Ketertiban Menghadapi Penyelenggaraan Pemilu 2014, di  di Jakarta, Selasa (29/1).

Awang Faroek mengharapkan agar seluruh aparat pemerintahan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, sehingga warga merasa mendapat kemudahan dalam berbagai layanan publik.

“Prestasi yang diraih Balikpapan menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan publik bagi masyarakat. Karenanya hal ini menjadi tantangan bagi seluruh penyelenggara pemerintahan di daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan,” ujar Awang Faroek Ishak usai mengikuti Rakornas  tersebut.

Apalagi lanjutnya, hasil perekaman data yang dikeluarkan Kemendagri melalui DP4 adalah hasil perekaman massal dan dijadikan acuan bagi kesuksesan penyelenggaraan Pemilu pada 2014 maupun  pemilihan kepala daerah sejak 2013.

Walaupun perekaman data melalui pembuatan e-KTP telah rampung, naum pelayanan yang diberikan pemerintah dari tingkat desa hingga kecamatan berlanjut ke tingkat kebupaten/kota hingga provinsi seharusnya semakin baik.

Sesuai komitmen pemerintah dalam upaya memberikan pelayanan publik yang berkualitas yakni kalau bisa dipermudah kenapa harus dipersulit hendaknya menjadi dasar bagi semua pihak.

Diakuinya, hingga saat ini masih ada daerah yang belum menuntaskan perekaman data e-KTP, sehingga akan menjadi penilaian tersendiri baik bagi pemerintahan di atasnya maupun masyarakat.

Terlebih wilayah Kaltim yang terdiri dari 14 kabupaten dan kota yang memiliki daerah pedalaman, perbatasan serta terpencil. Tentunya kondisi geografis ini ikut menentukan upaya-upaya pelayanan yang diberikan aparat pemerintah daerah.

Dengan komitmen serta semangat besar tentunya kondisi kewilayahan tidak akan menjadi penghalang bagi aparat pemerintah daerah guna memberikan pelayanan terbaik bagi warga.

“Kita ingin agar seluruh aparatur pemerintahan hingga ke tingkat paling bawah mampu memberikan pelayanan terbaik. Sehingga masyarakat merasa diperhatikan serta selalu dilayani termasuk dalam kegiatan administrasi kependudukan,” harap Awang Faroek.(yans/hmsprov)

Foto : Proses perekaman data e-KTP yang berlangsung di Kantor Gubernur Kaltim beberapa waktu lalu.(dok/humasprov katim)

Berita Terkait
Government Public Relation