Gubernur: Tetap Disiplin dan Laksanakan Prokes

Dok.humaskaltim

SAMARINDA – Perkembangan kasus Covid-19 di Kaltim per 3 Agustus 2020; konfirmasi positif sebanyak 22 berasal dari Balikpapan 21 kasus dan Samarinda 1 kasus sehingga total 1.538 kasus. Kasus sembuh 25, sebanyak18 dari Samarinda dan 7 dari Kutai Timur, total sembuh 938 kasus. Sementara itu kasus meninggal dunia 4, yakni berasal dari Balikpapan 3 dan Samarinda 1 kasus, sehingga total 40 kasus.

 


Dengan demikian penyebaran Covid-19 di Kaltim masih cenderung tinggi. Untuk itu, Gubernur Kaltim H Isran Noor mengharapkan masyarakat selalu taat melaksanakan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dalam berbagai aktivitas. 
"Ini sangat penting dalam upaya memutus rantai penularan Covid-19 di seluruh wilayah Kaltim," pesan Isran Noor, belum lama ini.

 

 

Isran Noor mengingatkan masyarakat menjadi faktor penentu dalam penyebaran dan penularan virus corona di masa pandemi saat ini, terutama dalam penanggulangan dan pencegahan.

"Kontribusi dan peranan masyarakat sangat menentukan untuk kita bisa menekan kasus Covid-19 yang semakin masif. Bahkan, masyarakat lah terdepan dalam upaya ini," tandasnya.

 


Mantan Bupati Kutim itu menambahkan, upaya apa pun yang dilakukan saat ini, semakin efektif dan memberi efek jika melibatkan seluruh pihak, tidak mengandalkan pemerintah semata.

 

 

Surveilans berbasis masyarakat lanjutnya, memang harus dibangun. Tanpa diminta, tapi kepedulian dan saling menjaga. Inilah bagian penting dalam melawan dan menghadapi pandemi ini, agar semua tetap aman dari penularan virus.

"Tidak terkecuali lembaga dan organisasi kemasyarakatan, organisasi dan tokoh pemuda serta agama, bersama unsur desa dan kelurahan hingga lingkup RW dan RT, semua harus bersinergi melakukan edukasi dan pemahaman serta memberikan informasi seintensif mungkin bagaimana upaya bersama menghadapi pandemi Covid ini," paparnya.

 


Isran menambahkan masyarakat harus benar-benar memahami pentingnya melaksanakan protokol kesehatan secara konsisten. Menjaga jarak aman, menggunakan masker, prilaku hidup bersih dengan cuci tangan pakai sabun minimal 20 detik pada air yang mengalir.

"Kita berharap masyarakat tetap menegakkan disiplin diri dan sadar untuk selalu melaksanakan Prokes apa pun kegiatannya, dan dimana pun berada," pesan Isran Noor. (mar/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait