Gubernur: Tingkatkan Minat Baca Buku

Ajak Kompas Bangun e-Book

SAMARINDA-Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengajak Kompas Gramedia-perusahaan media massa- untuk membangun buku elektronik atau e-book di daerah agar minat masyarakat membaca buku semakin tinggi.

Dengan banyak membaca diharapkan pengetahuan masyarakat semakin bertambah. Dengan demikian,  Kompas Gramedia sudah membantu pemerintah untuk membangun sumber daya manusia (SDM) berkualitas. 

“Program ini akan saya laksanakan tahun depan. Saya berharap Kompas bisa bersama Pemprov Kaltim melaksanakan ini. Program ini bertujuan agar pengetahuan masyarakat semakin bertambah dengan cara membaca melalui buku yang didesain elektronik. Karena, program tersebut dilakukan seiring dengan kamajuan teknologi saat ini,” kata Awang Faroek Ishak ketika membuka Kompas Gramedia Fair 2015 di Big Mall Samarinda, Jumat (29/5).

Menurut dia, program tersebut bertujuan untuk membangun moral masyarakat Kaltim dengan ilmu. Sebab, dengan membangun moral, negara ini mampu membangun bangsa yang besar. Contoh, Jepang yang mampu maju dan besar diakui dunia, karena membangun tradisi dan budaya hingga turun-temurun, yakni membaca buku.

Karena itu, melalui program e-book diharapkan masyarakat Kaltim semakin mudah mendapatkan informasi pengetahuan secara elektronik. Mulai yang muda hingga yang tua diharapkan dapat menerima itu.

“Buku elektronik yang dibuat diharapkan adalah buku yang mampu didownload seluruh masyarakat, terutama tentang sejarah daerah. Sehingga semakin banyak masyarakat yang cerdas dan semakin maju daerah ini. Karena itu, tahun depan saya akan melakukan pengadaan buku elektronik yang diharapkan Kompas Gramedia bisa bekerjasama,” jelasnya.

Mewujudkan bangsa yang maju maupun daerah yang maju, maka harus banyak menyerap ilmu dari luar. Menurut Awang, itulah yang dilakukan pemerintah Jepang. Ternyata, di Jepang, semua buku-buku teks book Bahasa Inggris dan Prancis diterjemahkan dalam Bahasa Jepang. “Saya bertekad membangun elektronik buku ini,” jelasnya. 

Selain itu, Awang menyambut baik penyelenggaraan Kompas Gramedia Fair (KGF) di Samarinda yang digelar di Big Mall. Tahun depan, Awang mengajak Kompas menggelar Samarinda Book Fair 2016 yang dilaksanakan di Convention Hall Samarinda.

“Dengan dukungan semua pihak, terutama perbankan, diharapkan Samarinda Book Fair 2016 bisa dilaksanakan. Begitu juga dukungan dari media. Jika, kota lain bisa melaksanakan, kenapa Samarinda tidak bisa. Apalagi, infrastruktur gedung repersentatif sudah banyak dibangun, khususnya Convention Hall Samarinda,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

//Foto: Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak memberikan buku kepada manajemen Kompas Gramedia Sugiharta.(fajar/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation