Gubernur Tinjau Bandara Maratua, Siap Diresmikan Jokowi

Gubernur Awang Faroek meninjau Bandara Maratua, Selasa (3/4). Sudah mulus, sudah siap diresmikan Presiden Jokowi. (masdiansyah/humasprov)

 

MARATUA - Guna memastikan kesiapan Bandara Maratua Kabupaten Berau untuk diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat ini. Maka, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak didampingi Wakil Bupati Berau H Agus Tantomo secara khusus meninjau pelabuhan udara yang berada di gugusan pulau terluar di Kaltim itu.

 

Menurut dia, walaupun saat ini bandara baru memiliki panjang landasan pacu 1.600 x 30 meter, tapi sudah bisa didarati pesawat dengan kapasitas penumpang banyak. "Saya bangga melihat bandara ini sangat bagus dan strategis. Semoga Pak Jokowi siap meresmikan dalam waktu dekat bersamaan Bandara APT Pranoto Samarinda," katanya di Ruang Tunggu Penumpang Bandara Maratua Kabupaten Berau, Selasa (3/4).

 

Kondisi dan potensi bandara domestik ini masih cukup besar sehingga bisa dikembangkan lebih baik dengan runway mencapai panjang 2.000 meter. Ke depan, bandara terus dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern dan berteknologi tinggi, sehingga tidak saja melayani penumpang domestik tapi mancanegara.

 

Selain itu, gubernur menegaskan kebanggaan dirinya terhadap Bandara Maratua sebab dibangun tanpa menggunakan dana pusat (APBN) tetapi cukup anggaran pemerintah daerah (APBD) Awang meyakini apabila fasilitas bandara  terus dilengkapi maka akan banyak maskapai penerbangan melayani di Maratua baik Express Air, Garuda Indonesia dan Wings Air maupun maskapai lainnya. "Bandara ini sudah melayani penerbabgan reguler tapi masih terbatas. Tapi kalau sudah diresmikan dan fasilitas dilengkapi tentu banyak maskapai penerbangan akan masuk," ungkapnya.

 

Sementara itu Wakil Bupati Berau H Agus Tantomo menyebutkan Berau telah memiliki empat bandara namun dua diantaranya bandara eks perusahaan. "Selain Bandara Kalimarau Tanjung Redeb dan Maratua. Ada dua bandara lainnya eks perusahaan yaitu Bandara Batu Putih dan Bandara Mangkajang. Namun sementara  tidak diaktifkan seperti dua bandara lainnya," ujar Agus Tamtomo. Gubernur meninjau Bandara Maratua menggunakan pesawat Expres Air jenis ATR 42 seri 300 dengan kapasitas 42 seat. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait
Perjuangan Awang Terlihat Hasilnya
Perjuangan Awang Terlihat Hasilnya

15 Februari 2018 Jam 20:08:56
Pembangunan

Kaltim Kirim Tim ke Pemerintah Pusat
Kaltim Kirim Tim ke Pemerintah Pusat

25 November 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan

LENSA KALTIM MAJU
LENSA KALTIM MAJU

08 November 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan

Bandara Temindung Bisa Pindah
Bandara Temindung Bisa Pindah

24 Februari 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan

Government Public Relation