Gubernur : TMMD Wujudkan Pemerataan Pembangunan

Gubernur Isran Noor bersama Kasad Jenderal TNI Mulyono saat penutupan TMMD ke-103 di Desa Melintang, Kecamatan Muara Wis, Kutai Kartanegara. (rosehan/humasprov kaltim)

MUARA WIS - Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa memberikan andil sangat besar dalam pelaksanaan pembangunan pedesaan. Penegasan tersebut disampaikan Gubernur Kaltim H Dr Isran Noor usai menghadiri upacara penutupan TMMD ke-103 Kodim 0906 Tenggarong tahun 2018 di Desa Melintang, Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara yang dilakukan langsung oleh Kepala  Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, Selasa (13/11/2018).

Mengingat manfaat yang sangat signifikan dari pelaksanaan TMMD, Isran Noor berharap agar kegiatan ini terus dilanjutkan agar dapat diwujudkan pemerataan pembangunan pedesaan di seluruh kabupaten dan kota khususnya dalam pembangunan infrastruktur jalan maupun sarana prasarana lainnya. "Tidak diragukan lagi, pelaksanaan TMMD banyak membantu masyarakat dan membantu pemerintah juga khususnya dalam pemerataan pembangunan daerah-daerah pedesaan," kata Isran Noor.

Gubernur juga memberikan apresiasi kepada Kodam VI Mulawarman  serta semua pihak terkait yang telah memberikan dharma bakti, sehingga pelaksanaan TMMD di Muara Wis, berjalan lancar sesuai apa yang di harapkan. 

"Pelaksanaan TMMD ini merupakan sumbangan yang sangat berarti untuk kemajuan masyarakat dan percepatan kemajuan pembangunan pedesaan di wilayah Kaltim khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara," tegas Isran Noor.

Sementara Jenderal Mulyono dalam sambutannya mengatakan program TMMD merupakan salah satu cara TNI hadir di tengah masyarakat. TNI hadir dengan semangat gotong-royong, bahu-membahu  membangun infrastruktur, juga membangun mental masyarakat. 

Menurutnya apa yang telah dilaksanakan dalam TMMD harus bisa dikembangkan guna mewujudkan kemandirian yang berkelanjutan baik saat ini maupun untuk masa depan. TMMD menjadi bukti sukses pembangunan akan lebih mudah diwujudkan dengan gotong royong dan rasa cinta Tanah Air.

"TMMD  ke-103  tahun ini di Kecamatan Muara Wis banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong-royong untuk membangun desa. Selain membangun fasilitas fisik, TMMD juga membangun potensi non fisik masyarakat," papar Mulyono.

Upacara penutupan TMMD diisi berbagai kegiatan antara lain penerjunan free fall dari 10 anggota Kopassus, pemberian dan pemasangan kaki palsu oleh Kasad kepada perwakilan masyarakat, pemberian sembako oleh Ketua Umum Persit KCK Sita Mulyono, bantuan  karpet untuk Masjid Desa Melintang oleh Pangdam VI Mulawarwan Mayjen TNI Subiyanto dan  penandatanganan prasasti jembatan kayu oleh Plt Bupati Kukar Edi Damansyah. 

Kasad Mulyono dan Gubernur Isran juga meninjau bakti sosial sunatan massal untuk 200 orang, pengobatan massal untuk 500 orang, donor darah 300 orang, pelayanan KB Kesehatan untuk 200 orang, serta peninjauan pasar murah, pencabutan undian dan penyerahan door price sepeda motor oleh Jenderal Mulyono. 

Tampak hadir Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Pj Bupati Kukar Edi Damansyah, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan, Dandim 0906 Tenggarong Letkol Czi Bayu Kurniawan, Ketua DPRD Kukar Salehuddin, Camat Muara Wis Arianto dan ribuan masyarakat Kecamatan Muara Wis.  (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait