Gubernur: TTG Mampu Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Lokakarya Gelar TTG-N XVI Kaltim

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menaruh harapan besar agar penerapan teknologi tepat guna dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Berbagai inovasi dan temuan baru teknologi tepat guna hendaknya dapat dimanfaatkan dalam implementasi usaha ekonomi masyarakat sehingga secara langsung mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.   

“Era globalisasi memerlukan kemampuan masyarakat dalam penerapan  teknologi tepat guna secara optimal demi peningkatan daya saing usaha hasil produksi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Awang Faroek Ishak saat pembukaan lokakarya Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) XVI 2014 Kaltim di Samarinda, Jumat (20/6).

Awang menjelaskan, teknologi tepat guna dalam konteks pemberdayaan masyarakat, merupakan pemicu pertumbuhan. Pemanfaatan teknologi secara optimal akan mampu mewujudkan usaha masyarakat yang dapat mengefisienkan ongkos produksi, memperbaiki proses mutu produksi, meningkatkan kapasitas dan nilai tambah produk, sehingga dapat menyejahterakan masyarakat, meningkatkan taraf hidup dan memberantas kemiskinan.

”Pemanfaatan teknologi tepat guna secara optimal akan terwujud bila ada teknologi yang diciptakan. Penerapan teknologi tepat guna akan mendorong peningkatan pengetahuan, keterampilan, kemampuan, lebih aktif dan berpikir rasional dalam mengeksploitasi sumber daya alam bagi usaha meningkatkan pendapatan,” jelasnya. 

Pemasyarakatan teknologi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan merupakan upaya yang strategis dalam rangka meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. Mengingat faktor-faktor tertentu, seperti kesenjangan akses informasi, keterbatasan modal dan kendala geografi, maka dalam proses pembelajaran teknologi kepada masyarakat diperlukan campur tangan pemerintah. 

”Penerapan teknologi tepat guna diharapkan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melakukan identifikasi potensi lokal, perencanaan, pelaksanaan dan pelestarian serta pengembangan kegiatan pemanfaatan teknologi tepat guna bagi masyarakat perdesaan dan kawasan terpencil,” jelasnya. (jay/sul/es/hmsprov)

/////FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama sejumlah peserta lokakarya Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) XVI 2014. (norjaya/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation