Gubernur Usulkan Wisata Cruise di Sungai Mahakam

Gubernur Usulkan Wisata Cruise di Sungai Mahakam

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak mengatakan, provinsi Kaltim sebagai salah satu tujuan wisata Tanah Air, tentu memerlukan inovasi-inovasi khsusunya dalam memanfaatkan Sungai Mahakam sebagai obyek wisata.

"Kejayaan Kaltim sejak dulu sudah dikenal dengan produk perkapalannya. Ternyata produk perkapalan kita tidak kalah dengan daerah lainnya seperti di Batam," kata Awang Faroek Ishak saat membuka Seminar Hari Teknologi Nasional ke-20 Tahun 2015 di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (30/9).

Awang mengatakan seharusnya ada  inovasi-inovasi  ataupun kreasi membuat  cruise  yang  bisa memanfaatkan Sungai Mahakam menjadi obyek wisata,  misalnya wisata  cruise  (kapal pesiar) atau  membuat kafe dan restoran terapung yang berangkat dari tepian selama 2 jam pulang pergi dan kembali lagi.

"Inovasi dan kreasi seperti cruise   saya kira perlu dikembangkan di Kaltim, karena tidak hanya memiliki Sungai Mahakam tetapi  daerah lainnya yang juga memiliki sungai serta laut yang luas," kata Awang.

Awang membandingkan dengan negara lain. Justru cruise itu sebagai peluang untuk membangkitkan perekonomian daerah melalui kegiatan pariwisata.

"Saya sangat berharap, apa yang saya sampaikan ini bisa menjadi motivasi pihak swasta khusunya pengelola travel  untuk dapat mengelola cruise di  Sungai Mahakam sebagai investasi di Kaltim," serunya.    

Gubernur menambahkan, Kaltim  memiliki ragam kebudayaan menarik, bernilai spiritual, magis dan unik yang masih dipegang teguh oleh masyarakatnya. Selain juga menyimpan potensi objek wisata alam yang luar biasa menakjubkan.

Namun, ujar dia, sangat disayangkan nilai budaya yang demikian tinggi dan luhur serta objek wisata alam yang indah tersebut, tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal. Hal itu disebabkan kurangnya promosi kepada masyarakat luar secara terpadu dan sinergis dengan menampilkan seluruh potensi kepariwisataan daerah secara utuh dan beragam.

"Oleh karena itu, perlu inovasi, kreasi dan  sinergitas baik dalam promosi maupun dalam pengembangan obyek wisata yang ada," pinta Awang.  

Dia melanjutkan, Kaltim memiliki potensi wisata yang sangat beragam dan tidak kalah menarik untuk dikunjungi dibandingkan daerah lain di Indonesia. Mulai dari wisata bahari, ecotourism, wisata budaya dan lainnya.

"Apalagi potensi wisatanya masih banyak yang alami (natural), baik alam maupun seni dan budaya yang aktraktif dan beragam serta didukung dengan tingkat keamanan daerah yang cukup kondusif," kata Awang.  (mar/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Layani Masyarakat dengan Baik
Layani Masyarakat dengan Baik

24 Februari 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan

Berita Foto
Berita Foto

07 September 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

BERITA FOTO
BERITA FOTO

12 September 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

Government Public Relation