Gubernur: Wujudkan Masyarakat Sadar Perpustakaan

DERAWAN - Keberadaan badan perpustakaan baik provinsi maupun kabupaten dan kota se-Kaltim diharapkan sangat berperan lebih maksimal lagi, sehingga mampu menjadi pelopor mewujudkan Masyarakat Sadar Perpustakaan di daerah ini.

Seperti yang disampaikan Kepala Sub Bagian Perpustakaan Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim, Hairil Anwar yang mengikuti Rakor tersebut mengatakan pernyataan tersebut diungkapkan Gubernur Kaltim itu diwakili Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim H Bere Ali pada Pembukaan Rakor Pengembangan Perpustakaan dan Minat Baca 2016 di Pulau Derawan Kabupaten Berau, Minggu (14/2).

”Peran perpustakaan dan meningkatnya minat baca dapat menjadikan masyarakat Kaltim lebih maju. Sebab, menguasai ilmu pengetahuan dan informasi termasuk teknologi yang dapat diaplikasikan secara nyata,” kata Bere Ali.

Pada era globalisasi dewasa ini perkembangan teknologi dalam memberdayakan peran perpustakaan sudah merupakan kebutuhan. Selain itu, era perpustakaan digital dan keberadaan e-mobile library  atau perpustakaan keliling digital perlu disikapi positif. Kemudahan akses masyarakat ke perpustakaan melalui internet perlu direspon dan terus dikembangkan.

“Pelayanan  dan kemudahan akses maka masyarakat akan lebih tertarik mengunjungi perpustakaan. Minat berkunjung ke perpustakaan akan mempercepat proses menuju bangsa yang cerdas dan berbudaya ilmiah,” ungkap Bere Ali.

Sementara itu Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Badan Perpustakaan Kaltim Sumindar menyebutkan Rakor dilaksanakan dua hari,  14-15 Februari dan diikuti 144 peserta dari kabupaten dan kota se-Kaltim.

Pada kesempatan itu diserahkan sertifikat akreditasi perpustakaan 2015 kepada delapan lembaga perpustakaan baik perpustakaan daerah, instansi pemerintah maupun perpsutakaan sekolah.

Hadir dalam Rakor Pengembangan Perpustakaan dan Minat Baca 2016, Pj Bupati Berau H Syarifudin dan Kepala Badan Perpsutakaan Kaltim Hj Sri Sulasmi Retno Wijayanti serta pimpinan badan perpustakaan kabupaten dan kota se-Kaltim.(yans/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait
Government Public Relation