Kalimantan Timur
Gunung Embun, Majestic Paser di Benua Etam

Foto : Adi Suseno/Adpim Prov. Kaltim

PASER - Gunung Embun menjadi tujuan pertama Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor dalam lawatan hari keduanya ke wilayah selatan Kalimantan Timur, Jumat (15/10/2021).

Kedatangan orang nomor satu Benua Etam ke Gunung Embun atau Gunung Boga oleh warga setempat mengenalnya terletak di Desa Luan Kecamatan Muara Samu, bersama rombongan Pemerintah Provinsi Kaltim didampingi Wakil Bupati Paser Hj Syarifah Masithah Assegaf, serta jajaran Pemerintah Kabupaten Paser. 

Menuju ke Gunung Embun dari hotel tempat menginap, rombongan Kunker Pemprov Kaltim hanya menempuh waktu 40 menit, meski medan yang dilalui cukup menantang dan melewati areal perkebunan kelapa sawit.  

Namun, senyum lebar bahagia pun tetap terpancar dari wajah suami Hj Norbaiti ini, dan tak bisa disembunyikan ketika sampai menapakkan kakinya di bukit yang di bawahnya masih diselimuti embun ini.

"This is so beautiful and amazing, luar biasa dan indah sekali," kata Gubernur Isran Noor ketika podcast Dinas Pariwisata Kaltim oleh Aldi, dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni. 

Bahkan, Gubernur meyakini Gunung Embun dengan luas 10,26 hektar masih menyimpan berjuta keelokan dan pesonanya, dan jika terus dikembangkan akan mampu menyamai hingga mengalahkan destinasi wisata daerah lain. 

"Ini yang kita dorong, local destinasi dan bisa saja akan mengalahkan Bromo. Saya yakin ini akan menjadi tujuan wisata yang indah. Sungguh majectic East Borneo," urai mantan Bupati Kutai Timur ini terus menebar senyum khasnya, sambil menyerahkan dirinya berpoto selfi ketika diminta warga  setempat.

Ketika ditanya harapannya, kepada masyarakat atas potensi Gunung Embun, Gubernur Isran Noor mengharapkan tetap menjaga keasrian alam dan memelihara lingkungan agar tetap bersih dan kawasan ini menjadi tujuan wisata, bukan saja Kaltim tapi nasional bahkan mancanegara. 

Di Gunung Embun dihadiri Presiden Direktur Kideco Jaya Agung Kurnia dan Gubernur Isran Noor selain menyerahkan bantuan Rp 6,95 miliar kepada Pemkab Paser serta CSR Pendidikan PT Petrosea, juga meletakkan batu pertama pembangunan musala. (yans/sdn/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait