Guru Garda Terdepan Tingkatkan Kulaitas SDM

Guru Garda Terdepan Tingkatkan Kulaitas SDM

SAMARINDA – Guru selaku tenaga pendidik merupakan garda terdepan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sekaligus menjaga moralitas bangsa. Karena guru merupakan panutan atau suri tauladan anak didik.

“Guru harus memiliki kemampuan dan kecakapan dalam proses belajar mengajar, memiliki semangat pengabdian yang tinggi serta teladan bagi anak didik, sehingga kualitas SDM Kaltim terus meningkat secara signifikan,” kata Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal pada Wisuda Sarjana XVIII IKIP PGRI Kaltim, Selasa (25/2).

Guru yang profesional dan berdedikasi terhadap tugas merupakan persyaratan bagi keberhasilan pembangunan pendidikan. Guru bagian terpenting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mampu memberikan ilmu pengetahuan guna menghadapi tantangan masa depan. Sehingga pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan suatu tuntutan yang harus terus diikuti para guru agar dunia pendidikan di Kaltim tidak tertinggal dibanding negara lain.

Maksudnya agar para guru benar-benar harus lebih pintar dari muridnya, sehingga tidak muncul anggapan guru justru kalah pintar dari muridnya, terlebih saat ini para murid lebih aktif dan kritis dibanding para siswa pada masa dulu.

Diakuinya, Pemprov Kaltim melalui program pembangunan pendidikan telah memberikan penambahan penghasilan guru berupa insentif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para tenaga pendidik.

Misalnya, guru di semua jenjang pendidikan baik status negeri maupun swasta dengan alokasi dana Rp233,535 milyar tahun 2011 dan ditingkatkan pada 2012 menjadi Rp 234,989 milyar dengan jumlah penerima 61.734 orang. Peningkatan kompetensi dan kualifikasi para guru ke jenjang Diploma (DIV) hingga sarjana (S1) ditujukan untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik disertai dengan pemberian insentif masing-masing Rp1 juta per orang.

“Kami berharap agar para guru senantiasa meningkatkan kemampuan serta keahlian mereka agar lebih profesional dalam proses belajar mengajar serta bersiap mengabdikan diri di lapangan pendidikan dan keguruan untuk memajukan kualitas SDM Kaltim,” harap Mukmin. (yans/sul/hmsprov)

Berita Terkait