Guru SMK DIY Juarai Lomba Desain Logo

Jelang Gelar TTG –N XVI di Kaltim

 

 

SAMARINDA-Guru SMK dan Perancang Grafis asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Joni Martono berhasil menjadi juara lomba desain logo Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTG-N) XVI. Setelah penetapan ini, maka TTG-N XVI resmi telah memiliki logo.

“Keputusan penetapan pemenang ini berdasarkan hasil sidang dewan juri lomba sesuai berita acara No 410/42/BPMPD/I/2014 tertanggal 20 Januari 2014. Guru SMK asal DIY ini kami tetapkan sebagai juara utama dan berhak memperoleh hadiah Rp10 juta,” kata KepalaBadan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim HM Jauhar Efendi ketika dikonfirmasi di Samarinda, Jumat (7/2).

Lomba desain logo TTG-N XVI ini  diselenggarakan BPMPD Kaltim pada 17–18 Januari dan diumumkan pada 20 Januari 2014.

Menurut Jauhar, proses penilaian melalui tahap penjurian sangat ketat. Ada beberapa unsur yang menjadi penilaian para juri, yakni mulai unsur estetika, filosofi serta pemaknaan gambar desain logo yang dibuat. Terpenting gambar tersebut harus menarik dan mudah diaplikasikan pada berbagai media promosi seperti baleho, kaos hingga pin.

“Semua unsur yang menjadi penilaian juri dikuasasi Joni Martono.Desain logo yang dibuat nampak sederhana, namun menggambarkan penyelenggaraan Teknologi Tepat Guna Nasional yang akan dihelat di Kaltim. Karena itu, tidak heran jika dia yang berhasil menjadi juara desain logo di Kaltim kali ini,” jelasnya.

Peserta yang dinilai memenuhi syarat mencapai 15 orang. Mereka datang dari Yogyakarta, Tarakan, Balikpapan, Paser, Surabaya, Semarang, Kepulauan Riau dan Jakarta, dan tentu saja Samarinda. Pemberian penghargaan dan hadiah rencananya akan dilakukan bertepatan dengan penyelenggaraan acara yang akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.(jay/hmsprov).

//Foto: Jauhar Efendi

Berita Terkait