Hadapi Corona, DPTPH Kaltim Kembangkan P2L

Dadang Sudarya

SAMARINDA - Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikuktura (DPTPH) Provinsi Kaltim mengembangkan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Program Nasional itu digaungkan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, terutama dalam menghadapi pandemi virus Corona (Covid-19).

 

Yakni mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan warga untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga," kata Plt Kepala DPTPH Kaltim Dadang Sudarya,via WhatsApp, Sabtu (2/5).

 

Menurut Dadang, merebaknya pandemi Covid 19 saat ini tidak saja membawa masalah kesehatan masyarakat, juga berdampak pada terbatasnya akses fisik dan ekonomi terhadap pangan. Termasuk terganggunya kelancaran distribusi pangan antar daerah maupun dalam daerah.

 

"Kondisi pandemi corona mengganggu distribusi pangan bagi individu, keluarga, masyarakat bahkan nasional. Kita perlu melakukan langkah antisipatif agar tetap terpenuhi kebutuhan pangan masyarakat" ujar Dadang.


Salah satunya, lanjut Dadang melalui program dan gerakan nasional P2L. Sehingga, pekarangan dimanfaatkan semaksimal mungkin dan masyarakat benar-benar merasakan manfaatnya.

Sebab, program P2L bertujuan meningkatkan ketersediaan, akses dan pemanfaatan pangan bagi keluarga. Sehingga, dihasilkan pangan beragam, bergizi seimbang dan aman. Bahkan bisa menjadi sumber pendapatan keluarga.

 

"Kita tinggal petik sayuran dari pekarangan. Ini kan bisa menjaga kebutuhan dan ketahanan pangan dalam keluarga. Bisa-bisa mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga," ungkap Dadang.(yans/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait