Hadi Mulyadi Menegaskan Guru Harus Memiliki Tiga M

Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengatakan seorang guru harus memiliki tiga M yaitu Modal, Modul dan Model dalam melaksanakan tugas dan fungisnya sebagai  pendidik dari berbagai tingkatan baik, SD, SMP maupun SMA.

Modal menurut Hadi Mulyadi, seorang guru  harus memiliki kemampuan dalam  memberikan motivasi ataupun nasehat. Apabila guru datang ke sekolah para siswa senang dan kalau guru tidak datang dicari. Tapi kalau guru tidak datang mengajar. Lalu siswa-siswinya sangat senang. Itu berarti guru gagal dalam memberikan motivasi kepada muridnya.

"Jadi bagaimana seorang guru dinantikan ditengah-tengah siswanya. Dan guru harus bisa mencintai muridnya dan menganggap mereka seperti anak nya sendiri," ujar Hadi.

Sedangkan, Modul maksudnya seorang guru harus benar-benar menguasai apa yang dipelajari, sehingga tanpa bukupun bisa memberikan pelajaran kepada siswa-siswinya. Sebab, guru yang bersangkutan memang benar-benar memahami materi pelajaran juga pola yang mudah bagi nuridnya untuk menyerap pelajaran itu.

"Sementara Model adalah guru harus mampu berkomunikasi termasuk dalam  penguasaan kelas dan mata pelajaran harus mampu memberikan berbagai wawasan khususnya dalam berkomunikasi. Sangat penting kemampuan dalam mengolah kata yang baik, sehingga muridnya mudah memahami apa yang disampaikan gurunya," jelasnya.

Selain itu, model berarti seorang guru harus bisa berpenampilan baik dan berpakaian yang rapi bahkan menarik bagi siswa-siswinya.

"Guru adalah pendidik yang harus mampu meningkatkan wawasan dan pengetahuan siswanya. Guru harus memiliki standar kualitas tertentu yang mencakup tanggung jawab, wibawa, mandiri dan disiplin," ungkap Hadi Mulyadi. (mar/her/yans/humasprov kaltim).

Berita Terkait