Hadi : Penantian Panjang Sudah Terwujudkan

Wagub Hadi Mulyadi bersama CEO Lion Air Group dan pilot Batik Air yang baru saja mendarat dengan mulus untuk pertama kalinya di Bandara APT Pranoto Samarinda. (syaiful/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Setelah Garuda Indonesia sukses melakukan inaugural flight Selasa (20/11/2018) lalu dengan pesawat bermesin Boeing 737-800, maka Rabu (21/11/2018) tadi, giliran Batik Air dengan mesin Airbus A320-214 merasakan mulusnya landasan pacu Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto di Sungai Siring, Samarinda.

Secara khusus Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi hadir menyambut kedatangan inaugural flight sekaligus melakukan launching penerbangan perdana Batik Air rute Samarinda - Jakarta (Bandara Soekarno Hatta Cengkareng).

Menurut Wagub, sudah lama warga Samarinda menantikan kehadiran bandara yang representatif, dan kehadiran Batik Air mengukir sejarah bagi penerbangan di Benua Etam, Kalimantan Timur. "Selamat datang Batik Air. Setelah 73 tahun akhirnya Airbus secara utuh turun di Samarinda. Kemarin Bapak Gubernur terima Garuda. Hari ini saya yang sambut Lion Air. Kita nantikan penerbangan lainnya," katanya.

Hadi meyakini keberadaan bandara didukung terbukanya rute penerbangan ke berbagai daerah luar Kaltin sebagai indikasi semakin tumbuhnya ekonomi di daerah. "Terbukanya penerbangan ini sebagai titik awal yang sangat strategis dalam memacu pertumbuhan ekonomi daerah. Saya yakin Kaltim akan semakin sejahtera ke depan," ungkapnya.

Launching penerbangan perdana Samarinda - Jakarta ditandai dengan pemotongan pita oleh Wagub Hadi Mulyadi didampingi Dirut Lion Air Group Kapten Achmad Lutfi dan Kepala UPTB APT Pranoto Samarinda Dodi Dharma Cahyadi. Sebelumnya, Wagub menerima kedatangan penumpang inaugural flight Batik Air Jakarta - Samarinda di apron bandara sekaligus mengalungkan bunga kepada pilot dan para penumpang pesawat.

Tercatat salah satu penumpang Batik Air dari Jakarta adalah Kepala Dinas Perhubungan Kaltim H Salman Lumoindong yang kemarin mengikuti penerbangan Samarinda - Jakarta bersama pesawat Garuda Indonesia. Selain itu, tampak juga CEO Lion Air Group Achmad Lutfi dan beberapa pimpinan serta pejabat Kementerian Perhubungan.

Pesawat Batik Air akan membawa 144 penumpang kelas ekonomi dan 10 penumpang kelas bisnis dari Jakarta. Sementara dari Samarinda ke Jakarta mengangkut 144 penumpang ekonomi dan 8 penumpang kelas bisnis.

Hadir Kapolres Samarinda Kombes Pol Vendra Riviyanto, Kepala Otoritas Bandara Balikpapan Alex Sanderita, General Manager Airnav Samarinda Rora Ardian serta jajaran FKPD Kaltim. (yans/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation