Hadi : Wujudkan Perikanan Kaltim Berdaulat


SAMARINDA - Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi menyampaikan  keynote speech dalam kegiatan Pelantikan Pengurus Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI) Kaltim periode 2019-2023 dan Diskusi Online atau FGD bertajuk "New Normal Pasca Pandemi Covid-19 di sektor Perikanan Kaltim".

Hadi berpesan agar pengurus ISPIKANI turut serta membantu pemerintah daerah dalam menyukseskan program pengembangan perikanan di Benua Etam Kaltim. Apalagi, hingga saat ini Kaltim juga sudah memenuhi kebutuhan konsumsi ikan bagi masyarakat. 

"Alhamdulillah masyarakat kita saat ini sudah tercukupi kebutuhan ikannya. Karena,  selain sumber daya ikan kita banyak potensinya dan juga sangat luas laut kita, jadi kita bersyukur semua itu.  Karena itu, kami minta ISPIKANI dapat memanfaatkan sumber tersebut mendukung pemerintah daerah melalui sektor perikanan menuju berdaulat perikanan," pesan Hadi Mulyadi melalui virtual zoom cloud, Sabtu (13/6).

Maksudnya berdaulat perikanan tidak lain.  Yaitu, masyarakat Kaltim bisa sejahtera meski melalui sektor perikanan dan belum lagi didukung dengan sektor lainnya, baik perkebunan, pertanian hingga minyak dan gas. Tak terkecuali para nelayan di Benua Etam harus sejahtera. 

Karena itu, Wagub minta melalui DPR RI Komisi 4, juga melalui Ketua ISPIKANI Pusat, supaya memperhatikan nelayan-nelayan di Kaltim, jangan hanya nelayan di Pulau Jawa.

"Jadi,  Pemprov Kaltim sangat berharap pengelolaan sektor ini bisa semakin mandiri, tidak hanya menjadi konsumsi kebutuhan masyarakat di Kaltim tetapi Indonesia. Contohnya, bisa dimanfaatkan menjadi produk olahan yang mampu bersaing secara nasional maupun internasional," jelasnya. Selain itu, Hadi juga meminta peran ISPIKANI bisa mendukung sektor tersebut. Dengan pengurus baru organisasi ini semakin kreatif dan mandiri. Apalagi, saat ini masih menghadapi pandemi Covid-19. Tentu harus kreatif dalam mengembangkan potensi yang ada. 

"Perlu ada hirilisasi pengolahan produk hasil perikanan di Kaltim. Apalagi Kaltim telah menyediakan kawasan industri kariangau sebagai pusat industri yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk sarana ekspor produk," jelasnya. 

Melalui momentum ini, Hadi berdoa agar wabah segera berakhir, ISPIKANI bersama Pemprov pun mampu mewujudkan kedaulatan perikanan.

Hadir dalam pelantikan dan diskusi virtual tersebut Kadis Kelautan dan Perikanan Kaltim H Riza Indra Riadi yang juga sebagai Dewan Penasehat ISPIKANI Kaltim. Pengurus Harian ISPIKANI Kaltim diketuai Hj Fitriyana. Hadir juga sejumlah Bupati dan Walikota se Kaltim. (jay/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait