Kalimantan Timur
Hadiri DBH Kelapa Sawit, Gubernur Bawa Kaltim Berdaulat Sampai ke Riau

dok.humasprovkaltim

RIAU - Makna visi Berani Untuk Kaltim Berdaulat  ternyata juga diboyong Gubernur Isran Noor ke Provinsi Riau. Penjelasan seputar visi yang oleh sebagian kalangan dinilai ngeri-ngeri sedap itu, secara gamblang dipaparkan Gubernur Isran Noor pada Jamuan Makan Malam Rapat Koordinasi Dana Bagi Hasil (DBH) Kelapa Sawit Bagi Provinsi Penghasil Kelapa Sawit di Gedung Daerah Balai Serindit Komplek Rumah Jabatan Gubernur Riau di Jalan  P Dipenegoro, Pekan Baru Riau, Jumat (10/1/2020).

Gubernur jelaskan dalam lima tahun periode kepemimpinannya bersama Wagub Hadi Mulyadi (2018-2023),  visi yang diusung adalah Berani Untuk Kaltim Berdaulat. Memang terkesan ngeri-ngeri sedap bagi mereka yang tidak memahami esensi sesungguhnya dari visi berdaulat ini.

"Kaltim Berdaulat itu bukan mau merdeka. Tapi bagaimana rakyat memiliki kapasitas dan aksesibilitas yang cukup terhadap lingkungan dan lingkungannya juga memberikan manfaat bagi rakyatnya," kata Gubernur Isran Noor saat didaulat memberikan sambutan pada jamuan makan malam tersebut.

Menurut Gubernur, Riau dan Kaltim sama-sama memberikan kontribusi yang sangat besar untuk republik ini. Termasuk kontribusi dalam surplus perdagangan nasional, dimana Kaltim dan Riau masing-masing memberikan kontribusi tidak kurang dari US$ 14 miliar. "Nasibnya pun 11/12. Tapi lebih baik Riau sedikit lah," canda Isran.

Gubernur Isran Noor menegaskan kehadirannya ke Riau  karena semangat untuk memperjuangkan hal-hal yang menurutnya dan menurut  para gubernur lainnya  perlu diberikan keadilan dari sumber daya alam yang ada di sekitar mereka.

"Tuntutan untuk merdeka itu ada karena merasa tidak ada keadilan. Karena itu, setiap jengkal tanah republik ini harus disentuh pembangunan, bukan hanya berdasar jumlah penduduk," tegas Isran.

Para gubernur/wakil gubernur dari 20 provinsi di Indonesia disambut Gubernur Riau H Syamsuar. Para gubernur dan wakil gubernur yang hadir berasal dari Sumatera,  Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Sejumlah pejabat teras Kaltim turut hadir mendampingi Gubernur Isran Noor dalam pertemuan tersebut. (ful/sul/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait