Hadiri Deklarsi Pemilu Damai 2019, Isran Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya

Gubernur Kaltim Isran Noor hadiri acara Deklarasi Pemulu Damai tahun 2019 dan Doa Bersama Lintas Agama (rian/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Pemilu adalah sarana mewujudkan kedaulatan rakyat. Penyelenggaraan pemilu menjadi harapan masyarakat untuk membentuk pemerintahan sah yang bertujuan kesejahteraan. Partisipasi masyarakat menjadi poin penting dalam menciptakan pemilu yang jujur dan adil.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat dan pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan pemungutan suara Pemilu Pilpres dan Pileg pada 17 April ini, " pesan Isran Noor, pada acara Deklarasi Pemulu Damai tahun 2019 dan Doa Bersama Lintas Agama, yang digelar di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Kamis, (11/4/2019).

Isran Noor mengatakan partisipasi politik masyarakat menjadi hal penting dalam menyukseskan pesta demokrasi yang digelar lima tahun sekali. Hal tersebut tak bisa tercipta jika hanya bersandar pada peran penyelenggara Pemilu, seperti KPU dan Bawaslu. Jajaran pemerintah pusat dan daerah perlu berperan aktif terlebih masyarakat.

"Sukses pelaksanaan Pilpres dan Pileg tidak saja ditentukan kesiapan dari penyelenggara pemilu, pemerintah dan pemerintah daerah. Ataupun kesiapsiagaan dari aparat keamanan dalam mengantisipasi berbagai potensi kerawan Pemilu. Tetapi sinergisitas yang kuat dan berkesinambungan antar pemangku kepentingan dalam upaya menciptakan Pemilu demokratis dan damai," tandas Isran Noor.

Isran juga mengapresiasi jajaran Kapolda dan dan Pangdam IV Mulawarman ang selalu mengawal tahapan Pilpres dan Pileg sampai sekarang, sehingga Kaltim tetap pada posisi zona hijau dan Kaltim tetap kondusif. Termasuk jajaran KPU Kaltim yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

"Saya apresiasi Polda. Sebab baru kali ini ada Polda menginisiasi deklarasi pemilu damai dan didukung seluruh tokoh agama, masyarakat, adat, pimpinan parpol termasuk lintas agama Ini bukti komitmen kita untuk menyukseskan Pemilu di Kaltim," paparnya.

Isran Noor juga optimis, penyelenggaraan Pilpres dan Pileg diseluruh wilayah Kaltim bisa berjalan aman dan lancar, itu berkat kesiapsiagaan aparat termasuk partisipasi masyarakat ditandai penandatanganan deklarasi pemilu damai.

"Walaupun demikian, kita perlu waspada terhadap berita hoaks maupun orang-orang yang tidak bertanggungjawab menyebarkan provokasi yang dapat mengganggu kelanacaran pesta demokrasi Pilpres dan Pileg. Mari kita jaga kerukunan dan persatuan. Kita boleh berbeda pilihan tapi jangan membuat terpecah Tetap jaga kerukunan dan kedamaian," ajak Isran. (mar/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation