Hadiri Kalimantan Timur Berzakat, Wagub Menegaskan Potensi Zakat di Kaltim Luar Biasa

Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi Hadiri Kalimantan Timur Berzakat, (seno/humasprovkaltim)

SAMARINDA – Kaltim Berzakat sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya di hulan suci Ramadhan yang digelar Pemprov Kaltim bekerjasama dengan Kanwil Kementerian Agama Kaltim, Bankaltimtara dan Baznas Kaltim. Kegiatan ini tidak lain guna memaksimalkan kesadaran umat Islam di Kaltim dalam upaya meningkatkan kewajiban pembayaran zakat, baik zakat fitrah maupun zakat harta.

Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengatakan potensi zakat di Indonesia khususnya Kaltim sangat luar biasa. Untuk itu, kesadaran berzakat dan bersedekah ini harus terus diingatkan dan ditingkatkan kepada umat Islam.

"Potensi yang luar biasa. Sangat berharap Baznas dapat melaksanakan penyalurannya dengan baik. Apalagi tadi sudah kita lihat laporan penyalurannya sudah baik. Semoga kesadaran umat muslim semakin meningkat dalam membayar zakat, maupun berinfaq dan bersedekah," kata Hadi pada acara Kaltim Berzakat oleh Gubernur, Forkopimda, OPD, Perbankan, BUMN/BUMD/BUMS pada 1440 H/2019 kali ini digelar di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada Samarinda, Rabu (22/5/2019).

Peran zakat, infaq dan sedekah (ZIS), menurut Hadi sangat sentral bagi umat Islam. Melalui kegiatan Kaltim Berzakat ini, dirinya berharap bisa memberikan efek positif bagi masyarakat khususnya umat Islam. “Karena zakat ini dari umat untuk umat. Bahkan untuk umat lain pun bisa kita gunakan dalam konteks mereka memang memerlukan. Jadi kegiatan ini bukan sekedar seremonial tapi harus di follow up agar dari Kaltim Berzakat, Benua Etam bisa lebih maju, makmur dan sejahtera,” jelas Hadi.

Pada kesempatan ini, diserahkan piagam penghargaan Top Pendukung Zakat Terbaik 2019. Kategori Top BUMD Pendukung Kebangkitan Zakat diraih PT BPD Kaltimtara, kategori Top Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Pendukung Kebangkitan Zakat (Dispora Kaltim) dan kategori Top Perguruan Tinggi Pendukung Kebangkitan Zakat (Politeknik Negeri Samarinda).

Diserahkan pula secara simbolis santunan ulama Tilawatil Qur’an, bantuan stimulant Tahfiz Qu’ran, santunan bina muallaf dan bantuan pendidikan (Ibnu Sabil) untuk mahasiswa Tailan IAIN Samarinda.

Juga dilakukan penandatanganan MoU Baznas Kaltim dengan Lapas Klas IIA Samarinda dan Rutan Sempaja Samarinda tentang Program Pembinaan Lanjutan Asimilasi Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Terkait PP Nomor 99/2012.

Hadir anggota Forkopimda Kaltim, Kakanwil Kementerian Agama Kaltim Sofyan Noor, Direktur Utama Bankaltimtara Zainudjn Fanani, Ketua Baznas Kaltim Fachrul Ghazi, Asisten Administrasi Umum Setprov Kaltim Bere Ali, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat HM Sa'bani, pimpinan OPD lingkup Pemprov Kaltim, perbankan dan dunia usaha. (her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation