Hadiri Pameran Kriyanusa 2019, Erni Hadi : CSR Harus Bantu Pengrajin

Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi Hadiri Pameran Kriyanusa 2019 (yayan/humasprovkaltim)

JAKARTA - Keberadaan perusahaan melalui dana corporate social responsibility (CSR) ternyata memiliki peran strategis dalam mendorong pengembangan usaha kerajinan di daerah.

Menurut Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi, CSR selama ini cukup besar untuk Kaltim. Hanya saja perlu diarahkan agar tepat sasaran dan tepat penggunaan.

"Kegiatan usaha tidak terlepas dari dukungan permodalan. Jadi, selain pemerintah dan lembaga perbankan, CSR harus bisa mengambil perannya bagi pelaku usaha kerajinan di daerah," ujar Erni Hadi Mulyadi usai menghadiri pembukaan Pameran Kriyanusa (Kerajinan Nusantara) Tahun 2019 di Balai Kartini Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Istri Wakil Gubernur Kaltim ini meyakini produktifitas dan kualitas kerajinan Benua Etam tidak dengan daerah lainnya di Indonesia. Namun, perlu komitmen kuat kepala daerah melalui instansi terkait untuk memberdayakan pelaku usahanya.

Salah satunya, pembinaan dan berkesinambungan dan dukungan permodalan dengan mengoptimalkan potensi yang ada, seperti dana dari perusahaan-perusahaan untuk peningkatan kampuan dan keterampilan SDM pelaku usaha maupun pengadaan material dan peralatannya.

Terkait pelaksanaan pameran Kriyanusa, Erni sangat mendukung dan bersyukur. Sebab, ajang pelaku usaha kerajinan Kaltim untuk menampilkan sekaligus memasarkan produk-produk kerajinan mereka.

"Kita bersyukur bisa ikut diajang pameran Kriyanusa ini. Yang pasti produk-produk kerajinan Kaltim oleh pelaku usaha dan pengrajin daerah tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia," ucap Erni Hadi Mulyadi.

Dirinya berharap para pelaku usaha dan pengrajin terus meningkatkan produksinya dengan menggali potensi lokal. Terpenting peningkatan kualitas agar mampu bersaing dan laku dipasaran.

Kriyanusa yang dilaksanakan 11 - 15 September rangkaian dari kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tahun 2019 yang digelar Selasa (10/9/2019) di Gedung Jenderal AH Nasution Kementerian Pertahanan Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat kemarin.

Kriyanusa hari ini, dihadiri ibu negara, Hj Iriana Joko Widodo selaku Pembina Dekranas didampingi Ketua Umum Dekranas Hj Mufidah Jusuf Kalla (istri Wapres Jusuf Kalla) sekaligus membuka pameran.

Hadir Ketua Harian Dekranas Erni Tjahjo Kumolo (Ketua Panitia Rakernas) dan Sekretaris Jenderal Dekranas Euis Saedah, para Ketua Bidang Dekranas dan Ketua Bidang Rakernas.

Pembukaan pameran dirangkai launching buku Songket dan Tenun serta pemberian penghargaan berupa Dekranas Award kepada Pembina Teladan dan Produk Kriya Terbaik.

Stand pameran Kaltim berada di Raflesia Grand Ballroom Kartika Expo Centre Balai Kartini Jakarta. Khususnya diisi Dekranasda Kota Balikpapan menampilkan kerajinan khas Kaltim berupa kerajinan manik serta batik khas Balikpapan. Tampak, istri Walikota Balikpapan Arita Rizal Effendi.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation