Harapkan Capai Prestasi Terbaik di Sultra

Gubernur Lepas Kontingen  Anggota Pramuka Kaltim 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Fareok Ishak minta agar kontingen  anggota gerakan Pramuka Kaltim dalam mengikuti Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peransaka) Tingkat Nasional Tahun 2015 di Kendari Sulawesi Tenggara, mampu mencapai prestasi terbaik. 

"Kontingen anggota  gerakan Pramuka Kaltim dapat menjaga nama baik daerah. Sebab, mereka bukan lagi  mewakili sekolah, tapi merupakan duta daerah. Selain itu, para kontingen  juga saya minta tetap menjaga kekompakan dan stamina agar dapat memberikan hasil terbaik saat bertanding," kata Awang Faroek Ishak saat melepas kontingen anggota gerakan Pramuka Kaltim untuk mengikuti Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peransaka) Tingkat Nasional Tahun 2015 di Kendari Sulawesi Tenggara, yang berlangsung  di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (11/11)

Dikatakan, Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peransaka) Tingkat Nasional  2015, merupakan arena pertemuan dan silaturrahmi para anggota Pramuka, khususnya Pramuka Penegak dan Pandega yang berasal dari seluruh Indonesia. Karena itu, kiranya kesempatan tersebut bisa dipergunakan untuk saling berbagi pengalaman dan Iptek termasuk dalam kontingen Kaltim untuk manfaatkanlah kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Kami yakin,  kontingen Pramuka yang mewakili provinsi Kaltim  adalah mereka yang terbaik yang diharapkan mampu berprestasi dan mengharumkan nama Kaltim," kata Awang.

Hingga kini, lanjutnya,  Pramuka di Indonesia terus berusaha bangkit setelah mengalami kemunduran dari segi kuantitas, karena tidak begitu diminati lagi oleh kalangan anak-anak, remaja dan pemuda, dibandingkan dengan kegiatan ekstra lain di bidang kesenian, keterampilan, Iptek dan sebagainya yang ada di sekolah-sekolah.

"Melalui gerakan Pramuka saat ini, kita berharap banyak manfaat yang bisa dipetik sebagai upaya pembinaan terhadap generasi muda bangsa.

Selain itu, Awang juga menginginkan agar gerakan Pramuka, khususnya Penegak dan Pandega terus ditingkatkan, baik dari segi kuantitas keanggotaan maupun kualitasnya, sehingga dengan begitu anggota Pramuka Kaltim, bisa berkiprah dan berbicara dalam berbagai kegiatan, baik di dalam maupun di luar daerah.

"Agar berkualitas, Pramuka Penegak dan Pandega hendaknya senantiasa meningkatkan potensi diri dengan sumber daya manusia (SDM) yang baik. Bagi mereka memiliki prestasi di berbagai bidang, harus pula terus mendapatkan pembinaan agar bisa berprestasi di masa depan," pinta Awang

Ketua Kwarda  Gerakan Pramuka Kaltim HM Hatta Zainal dalam laporannya mengatakan, Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peransaka) Tingkat Nasional Tahun 2015 di Kendari Sulawesi Tenggara, diikuti sebanyak 102 peserta yang terdiri dari 11 satuan karya yang terdiri dari, Saka Taruna Bumi, Wirakartika, Bahari, Bhayangkara, Bakti Husada, Kencana, Dirgantara, Wanabakti, Pariwisata, Kalpataru, dam Widya Budaya Bakti.

"Kwartir cabang diikuti 9 kabupaten/kota yaitu Samarinda  (22 anggota), Balikpapan (23 anggota). Kukar (16 anggota). PPU (3 anggota). Bontang (7 anggota). Paser (3 anggota). Kutim (15 anggota). Kubar (2 anggota). Berau (5 anggota)," papar Hatta Zainal.(mar/humasprov)

Gubernur Kaltim Dr H Awang Fareok Ishak foto bersama dengan Peserta Perkemahan Peransaka usai pelepasan keberangkatan ke Sultra. (seno/humasprov kaltim).

Berita Terkait