Hari Ini Diresmikan Presiden SBY

 Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

 

Kembali, proyek-proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dalam Koridor Ekonomi III Kaltimantan, hari ini Senin (15/9) diresmikan dan dilakukan groundbreaking oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Peresmian dipusatkan di terminal baru Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan (SAMSSB) yang juga merupakan satu di antara 10 proyek MP3EI yang diresmikan.

Bandar udara ini telah dikembangkan dari terminal penumpang yang semula luasnya 12.433 meter persegi menjadi 110.000 meter persegi dengan 11 garbarata. Dengan perluasan ini kapasitas bandara akan bertambah ke depan menjadi 10 juta penumpang per tahun, fasilitasnya meliputi terminal cargo, hangar A1, apron, apron service building, gedung administrasi, shelter alat berat, ekspedisi muatan udara, airline office, flyover keberangkatan dan kedatangan, gedung parkir, hangar A2, apron dan tower. Nilai keseluruhan proyek ini Rp.2,1 trilliun.

Sementara itu dalam lingkungan Bandara Internasional SAMSSB juga telah dibangun Gedung VIP Room Pemda Provinsi Kaltim. Gedung ini sebagai pengganti VIP Room yang lama dan lokasinya diserahkan kepada P. Angkasa Pura untuk pembangunan bandara baru.

Selain Bandara Internasional Sukarno Hatta Cengkareng, Bandara Internasional SAMSSB akan menjadi salah satu bandara terbesar dan termegah di Indonesia. Bandara baru dan terbesar di Tanah Air  saat ini adalah Bandara Kuala Namu di Sumatera Utara, Bandara Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Jawa Timur dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang sudah lebih dulu dikembangkan.

Masyarakat Kaltim dan Kota Balikpapan khususnya berbangga, karena arsitektur bandara ini mengadopsi bangunan yang ramah lingkungan diharapkan mampu mengurangi penggunaan energi serta mempromosikan konservasi air. Bentuknya modern namun dengan tampilan fasad yang merupakan stilasi dari hutan dengan ornamen interior yang menggunakan ragam hias khas Kaltim.

Selain itu, area komersial Bandara Internasional SAMSSB juga akan bisa membuat pengunjung semakin nyaman dan kagum karena bercita-rasa tinggi, sekaligus menjadi kebanggaan bagi semua. ”Atas nama Peme-rintah Provinsi dan Masyarakat Kaltim, saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi pada PT. Angkasa Pura yang telah mengembangkan bandara ini dengan sedemikain bagusnya. Ini adalah kebanggaan kita semua,” kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada peninjauan, penerimaan penumpang Garuda dan syukuran beroperasinya terminal baru Bandara Internasional SAMSSB, 22 Maret lalu.

Gubernur memastikan, dengan adanya bandara ini, maka secara langsung akan berdampak positif pada kegiatan ekonomi dan bisnis, serta kunjungan wisata. Melalui pengembangan fasilitas dan layanan bandara yang lebih baik, maka diprediksi hal ini juiga akan memberikan multiplier effect bagi perekonomian Provinsi Kaltim secara keseluruhan, baik sekarang maupun di masa-masa yang akan datang.(tim humasprov kaltim)

//Foto: Suasana pelayanan di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.(dok humasprov kaltim)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation