Hari Ini Gubernur Panen Raya di Tenggarong Seberang

Kejar Percepatan Kecukupan Pangan


SAMARINDA – Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak dijadwalkan melakukan panen raya padi,  di Desa Bangun Rejo Teluk Dalam, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar)  pada lahan 600 hektare.


Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim, H Ibrahim, Senin (18/2)  mengatakan panen raya digelar dengan  maksud memberi perhatian, dukungan dan semangat kepada petani atas keberhasilan  yang dicapai dengan panen berlimpah, untuk mendukung kemandirian dan kedaulatan pangan.


“Para petani sangat berharap agar Bapak Gubernur Kaltim Dr. H. Awang Faroek Ishak dan jajaran dapat hadir pada panen bersama itu, sebagai bentuk dukungan moril kepada petani di daerah ini,” kata Ibrahim. 


Panen raya ini dilakukan  setelah peresmian Jembatan Kembar Mahakam  Samarinda. Sehingga, para undangan dipersilahkan untuk ikut dan melihat langsung panen raya padi.


Saat panen raya, acara lain yang dilaksanakan adalah temu wicara antara petani dan instansi terkait untuk mengungkap permasalahan yang dihadapi petani untuk dicari jalan keluar terbaik.


Hingga akhir 2012, Kaltim masih kekurangan beras 96.000 ton dengan asumsi penduduk 3,7 juta jiwa. Kondisi ini membutuhkan kerja keras dari berbagai pihak termasuk memberikan dukungan kepada petani untuk meningkatkan produksi pangan.


“Selain kekurangan beras, sebagian besar lahan pertanian di Kaltim, khususnya di Kutai Kartanegara  telah banyak yang berubah fungsi dari pertanian ke non pertanian, khususnya ke sektor perkebunan dan pertambangan,” ujarnya.


Dalam temu wicara nanti juga direncanakan akan disosialisasikan tentang Perda Nomor 41/2011 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan serta  penjelaskan tentang Produk Kredit Pangan Sejahtera yang baru diluncurkan oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD)  Kaltim.


Ibrahim berjanji akan menghadirkan semua kepala bidang dan kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah di lingkungan kerjanya,  sehingga diharapkan  tidak ada pertanyaan atau permasalahan yang tidak terjawab saat petani bertanya.


“Kita berharap kehadiran Gubernur, anggota DPRD dan instansi terkait dapat memberikan semangat sehingga petani lebih bergairah untuk tetap menanam padi dan tanaman pangan lainnya sehingga kecukupan pangan di Kaltim bisa dicapai,” ujarnya. (yul/hmsprov)

////Foto : Kaltim terus genjot produksi panen padi untuk mencapai swasembada beras dan kedaulatan serta kemandirian pangan.(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait