Hari ini V-con Persiapan Pemilukada Serentak

Hari ini V-con Persiapan Pemilukada Serentak

 

SAMARINDA - Jelang Pemilukada Serentak 9 Desember 2015, Pemprov Kaltim melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim akan melaksanakan Video Conference (V-con) untuk persiapan Pilkada di masing-masing daerah di Kantor Gubernur Kaltim, hari ini (Senin 7/12).

"Kegiatan V-con ini digelar dalam rangka memonitor dan mengevaluasi kesiapan Pemilukada serentak di masing-masing daerah yang ikut pilkada serentak. V-con yang digelar ini antara Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setda Kaltim dengan jajaran Badan Kesbangpol, KPUD dan Panwaslu kabupaten dan dan kota yang mengikuti Pemilukada serentak," kata Kepala Bidang Teknologi Informasi Diskominfo Kaltim Akhmad Mulyadi.

Menurutnya, V-con bukan hanya digelar pada Senin ini saja, akan tetapi, juga akan dilaksanakan saat berlangsungnya Pemilukada serentak pada 9 Desember. Di saat pelaksanaan Pemilukada nanti, V-con digelar antara Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dengan Bupati atau Pj Bupati dan Walikota atau Pj Walikota, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten dan kota.

Provinsi Kaltim akan menggelar Pemilukada Serentak pada 9 Desember mendatang yang diikuti oleh 9 kabupaten dan kota di Kaltim. adapun masing-masing daerah itu yakni Samarinda, Bontang, Balikpapan, Kutim, Kutai Barat, Paser, Kukar, Berau dan Mahakam Hulu.

"V-con juga akan dilakukan antara Gubernur Kaltim dengan jajaran Kementerian Dalam Negeri. Intinya, pelaksanaan V-con sudah siap dilakukan dalam rangka mendukung suksesnya Pemilukada Serentak di Kaltim," katanya.

Mengenai persiapan V-con diseluruh daerah, Akhmad menyampaikan bahwa hingga saat ini jajaran kabupaten dan kota secara teknis dan peralatan sudah siap menggelar v-con. Diskominfo Kaltim sudah melakukan pengecekan dan ujicoba peralatan V-con di daerah yang mengikuti Pemilukada Serentak. "Kami sudah lakukan pengecekan. Bahkan, untuk wilayah perbatasan yakni di Kabupaten Mahulu pun sudah siap gelar V-con," katanya.

Kabupaten Mahulu, tambah Akhmad, untuk koneksi internet akan menggunakan Very Small Aperture Terminal (VSAT) atau stasiun penerima sinyal dari satelit yang berfungsi untuk menerima dan mengirim data ke satelit. "Perangkat V-sat sudah kami pasang di Kantor Bupati Mahulu di Ujoh Bilang," katanya. (rus/hmsprov)

Berita Terkait