Hari ini Wagub Sidak Pegawai di Lingkungan Pemprov Kaltim

SAMARINDA- Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal HP akan melakukan infeksi mendadak (Sidak) kesejumlah SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim, Jumat (27/12).
Dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kedisiplinan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Kaltim, setelah menjalani cuti bersama selama dua hari, sejak Rabu-Kamis (25-26/12).
“Jika memang ketentuannya harus masuk, maka pegawai harus masuk dan saya akan melakukan sidak ketika masuk kerja nanti,” kata Mukmin Faisyal di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (24/12).
Sidak tersebut dilakukan sebagai sikap Wagub yang berperan melakukan pegawasan dan pembinaan tentang kinerja pegawai di lingkungan Pemprov Kaltim. Meski begitu, lanjut dia, pengawasan tersebut harus dilakukan sungguh-sungguh dan tanpa pilih kasih.
Misalnya, jam masuk kerja setiap hari pukul 07.30 wita, maka sebagai Wagub dia tentu akan masuk lebih awal, yakni pukul 07.15 sudah ada di kantor. “Itu akan saya lakukan, bagaimana mau memerintahkan pegawai agar masuk kerja pada pukul 07.30, tetapi kita sendiri tidak masuk lebih awal. Inilah yang akan saya terapkan, yakni disiplin bekerja. Jangan sampai setelah setengah delapan baru mengisi absen,” jelasnya.
Dengan pertimbangan tersebut, tentu sidak harus dilakukan, sehingga kinerja pegawai betul-betul dapat diketahui. Karena itu, diharapkan sinkronisasi dan kerjasama, serta pengawasan perlu dilakukan, baik melalui Inspektorat Wilayah (Ipwil) maupun pengawas di masing-masing SKPD diperlukan.
Apalagi, dengan prestasi yang telah dimiliki, yakni opini wajar tanpa pengecualian (WTP) tentang akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah oleh BPK RI dan penilaian Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) 2013 yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), tentu harus diimplementasikan dengan tindakan kinerja yang baik.
“Peningkatan kinerja ini tidak boleh main-main. Artinya, apa yang telah dipercayakan kepada Pemprov Kaltim, menunjukkan bahwa pemerintah di lingkungan provinsi harus aktif memberikan pertanggungjawaban kepada rakyat. Karena itu, sidak ini  perlu dilakukan,” jelasnya.(jay/hmsprov)  

//Foto: PELAYANAN UMUM. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak sering melakukan inspeksi mendadak pada SKPD utamanya terkait dengan pelayanan umum. Hal serupa akan dilakukan Wagub Kaltim H Mukmin Faisyal HP mengawali tugas barunya sebagai pendamping Gubernur. (dok/humasrov kaltim).

         

Berita Terkait