Hari Pahlawan di Makam Pahlawan

Hari Ini Gubernur Irup

SAMARINDA - Peringatan Hari Pahlawan, 10 November di Kaltim tahun ini akan dilaksanakan Taman Makam Pahlawan di Jalan Pahlawan Samarinda. Gubernur Awang Faroek Ishak akan menjadi inspektur upacara dalam apel peringatan tersebut.

Kepala Dinas Sosial Kaltim Siti Rusmalia Idrus mengatakan upacara tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memperingati jasa-jasa pahlawan yang telah berkorban untuk bangsa dan Negara, termasuk jasa para pejuang di Kaltim.

“Gubernur Awang Faroek Ishak langsung yang akan memimpin upacara di Taman Makam Pahlawan. Ada 230 peserta yang akan mengikuti upacara tersebut, terdiri dari pihak TNI, Polri dan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemprov Kaltim serta pelajar dan mahasiswa,” kata Rusmalia Idrus, Senin (9/11).

Prosesi mengheningkan cipta akan dilaksanakan selama 60 detik. Tepat pukul 08.00 wita upacara dimulai. Pengheningan cipta dipimpin gubernur yang ditandai dengan bunyi sirine. Sedangkan masyarakat ketika bunyi sirine tersebut diharapkan untuk bersama mengheningkan cipta.

“Hal ini sebagai wujud penghormatan kita kepada pahlawan yang telah mendahului dan berjuang meraih kemerdekaan,” kata Rusmalia.

Menurut dia, momentum peringatan Hari Pahlawan diharapkan dapat menjadi motivasi bagi masyarakat khususnya generasi muda untuk kreatif meningkatkan pengetahuan, sehingga mampu bersama-sama pemerintah membangun daerah.

Selain itu, dari momentum ini moral dan etika generasi muda diharapkan dapat ditumbuhkan, sehingga generasi muda lebih menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan di Negara ini.

“Kami berharap semangat juang para pahlawan dapat diikuti generasi muda ke depan. Caranya, dengan mengingat jasa para pahlawan serta berprilaku baik dalam kehidupan sehari-hari serta meningkatkan pengetahuan di berbagai bidang yang diinginkan,” jelasnya. (jay/sul/adv)

Berita Terkait
Government Public Relation