Hari Pertama UN di Kaltim Aman dan Lancar

Hari Pertama UN di Kaltim Aman dan Lancar

SAMARINDA - Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2014/2015 untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Kaltim dan Kaltara berlangsung aman dan lancar, khususnya terkait kesiapan soal dan pengamanan  UN.

Gambaran kondisi tersebut terlihat jelas ketika Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Kaltim H Rusmadi bersama Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim meninjau pelaksanaan UN di Samarinda, Senin (14/4).

Peninjauan diawali dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Samarinda Jalan Pahlawan, dilanjutkan ke SMA Negeri 5 Samarinda Jalan Ir H Juanda dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Samarinda Jalan Pangeran Suryanata.    

“Sesuai laporan Kepala Dinas Pendidikan Kaltim dan peninjauan yang telah kita lakukan,  alhamdulillah pelaksanaan UN hari pertama berlangsung aman dan lancar. Termasuk pelaksanaan UN di wilayah perbatasan tidak ada keluhan,” kata Rusmadi didampingi Musyahrim usai meninjau UN.

Menurut dia, UN merupakan salah satu indikator keberhasilan siswa di dalam menyerap pengetahuan. Dia berharap ujian ini sekaligus dapat meningkatkan kompetensi siswa. 

Dalam penerapan UN kali ini,  soal yang diberikan kepada setiap siswa tidak sama antara siswa yang satu dengan yang lain. Termasuk pengawas ujian diatur secara silang, yakni pengawas dilakukan dari sekolah lain. Sehingga dengan begitu tidak ada kekhawatiran adanya guru yang membantu ketika pelaksanaan ujian.

“Kita berharap ujian tahun ini berlangsung aman, lancar dan lebih fair,” tegas Rusmadi. Dia menyebutkan, sukses pelaksanaan ini juga tidak lepas dari kerja keras jajaran Disdik provinsi dan kabupaten/kota, serta Panitia UN se-Kaltim. Termasuk dukungan pihak kepolisian yang selalu mengawal pendistribusi soal ujian. Selain itu, sukses UN juga tidak lepas dari dukungan para akademisi Universitas Mulawarman yang ikut melakukan pengawasan di masing-masing sekolah.

“Pemprov Kaltim sangat berterimakasih atas sukses pelaksanaan UN ini. Semua itu, tidak lepas dari kerjasama yang dilakukan seluruh pihak, baik Disdik Provinsi dan Kabupaten/Kota, Panitia UN, Kepolisian dan TNI yang turut membantu menyukseskan pelaksanaan ini. Semoga UN berjalan lancar sesuai harapan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim mengatakan, berdasarkan laporan dari Disdik Kabupaten/Kota se-Kaltim dan Kaltara, pelaksanaan UN secara umum berlangsung aman dan tertib. Terutama keberadaan soal ujian semua peserta telah mendapatkan lembar soal ujian.

“Kami berharap kelancaran ini dapat berlangsung hingga berakhirnya pelaksanaan UN,” jelasnya.  Jumlah peserta UN untuk jenjang SMA sederajat se-Kaltim dan Kaltara rinciannya, yakni peserta UN SMA/MA di Kaltim sebanyak 19.389 siswa dan dari Kaltara sebanyak 4.539 peserta.

Sedangkan peserta UN SMK dari Kaltim 19.764 siswa yang tersebar di 200 sekolah baik negeri maupun swasta, sementara peserta dari Kaltara 2.256 siswa yang tersebar di 22 sekolah negeri dan swasta. (jay/sul/es/hmsprov)

///FOTO : Pelaksana Tugas Sekprov Kaltim H Rusmadi meninjau pelaksanaan UN di Samarinda.(fajar/humasprov kaltim)

Berita Terkait