Kalimantan Timur
Harlah Pancasila, OPD Naikkan Bendera

Dok.humaskaltim

SAMARINDA - Meskipun diperingati dengan terbatas dan dinyatakan hari libur Nasional, namun seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta menaikkan bendera Merah Putih satu tiang penuh pada Senin (1/6) sebagai tanda memperingati Hari Kelahiran Pancasila.

Kepala Biro Humas Setda Kaltim, M Syafranuddin, Ahad (31/5) menerangkan peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila diperingati serentak seluruh Indonesia namun terbatas peserta upacaranya. Pemprov Kaltim dan Bupati serta Walikota se Kaltim akan mengikuti peringatan Harlah Pancasila Nasional nelalui siaran TVRI atau Kanal Youtube BPIP-RI. “Sesuai telegram Mendagri, masing-masing daerah peserta upacaranya memakai pakaian sipil lengkap untuk pria dan wanita Kebaya Nasional, sementara TNI dan Polri menggunakan PDU III,” kstanya.

Pemprov Kaltim akan melaksanakan peringatan Harlah Pancasila di Ruang HOB Kantor Gubernur Kaltim melalui Vicon, sedangkan pejabat yang diundang terbatas karena masih menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Corona.

Dijelaskan, peringatan Harlah yang biasanya digelar dengan upacara di Halaman Kantor Gubernur, namun pada tahun 2020 digelar melalui Vicon  dengan pusat kegiatan secara Nasional di Gedung Pancasila Jalan Taman Pejambon Nomor 6 Jakarta.

Secara Nasional, peringatan Harlah Pancasila dipimpin Presiden Jokowi, sementara Ketua MPR-RI membacakan teks Pancasila, sedangkan Ketua DPR-RI membacakan pembukaan UUD 1945 dan Pembacaan Doa dipimpin Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.  “Sesuai jadwal, upacara dimulai pukul 10.00 Wita,” kata Syafranuddin yang juga Jubir Pemprov Kaltim ini.(ri/van/humasprovkaltim).

Berita Terkait