Harmomi Indonesia 2018, Awang : Rakyat Harus Bersatu -padu

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak saat menghadiri Harmoni Indonesia (HI) 2018/ (yuvita/humasprov kaltim).

SAMARINDA - Seluruh rakyat Kaltim dengan semangat Kemerdekaan RI ke-73 Tahun 2018 untuk bersatu padu menyukseskan pembangunan demi mencapai kemajuan daerah dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Hal itu ditegaskan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat menghadiri Harmoni Indonesia (HI) 2018 di GOR 27 September Universitas Mulawarman Samarinda, Minggu (5/8). 

Menurut dia, kemerdekaan yang diperoleh Indonesia bukanlah pemberian tetapi hasil berjuang dengan penuh pengorbanan yang dilakukan para pejuang bangsa dengan saling bersatu padu. "Perjuangan kemerdekaan maupun pelaksanaan pembangunan sekarang ini harus didukung seluruh masyarakat dan bersatu padu dengan pemérintah," katanya.

Terpenting lanjutnya, percepatan pembangunan hanya dapat dicapai jika kerukunan (kondusifitas) daerah tetap terjaga dan terpelihara dengan baik bahkan terus meningkat melalui harmonisasi dalam kehidupan masyarakat.

Kaltim menjadi salah satu daerah yang memiliki daya saing tinggi dengan indikator kondusifitas daerah atau keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang terus terpelihara. "Kebersamaan dan kerukunan harus terus kita pelihara agar pelaksanaan pembangunan berjalan dengan baik, sehingga masyarakat segera menikmati hasil-hasil pembangunan yang merata," harap Awang.

Dia menambahkan keunggulan komparatif (sumber daya alam/SDA) yang berlimpah dimiliki Kaltim harus mampu menciptakan keunggulan kompetitif (sumber daya manusia/SDM) yang berkualitas dan berdayasaing tinggi. Dalam kesempatan itu peserta HI2018 Unmul Samarinda melakukan video conference dengan Presiden Joko Widodo dari Gelora Bung Karno Jakarta. 

Presiden Jokowi mengingatkan kerukunan dan semangat merupakan aset bangsa Indonesia terutama dalam memaknai kemerdekaan yang diraih dengan cucuran darah dan airmata bahkan pengorbanan jiwa raga para pejuang pahlawan bangsa untuk kemajuan bangsa Indonesia. "Semangat dan kerukunan jualah yang menghantarkan Indonesia sebagai penyelenggara Asian Games 2018 sekaligus meraih sukses prestasi bagi atlet-atlet Indonesia," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga melaunching aplikasi Satu (sisten aplikasi terpadu ) Unmul. HI2018 dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-73 Tahun sekaligus menyambut penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. 

Esensi HI2018 adalah memaknai dan menyemarakkan 73 Tahun Kemerdekaan Indonesia, mendukung dan menyemangati penyelengaraan dan kesuksesan Asian Games 2018 sekaligus merajut kebangsaan dan memperkokoh kembali persatuan bangsa. HI2018 merupakan ajang nyanyi bersama yang diselenggarakan serentak di 49 kota di Indonesia dan beberapa kota di luar negeri. 

Hadir Rektor Unmul Samarinda Profesor Masjaya dan Walikota Samarinda H Syaharie Ja'ang, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra HM Sa'bani, jajaran FKPD dan pimpinan OPD Kaltim serta civitas Unmul Samarinda, TNI/Polri serta mahasiswa dan jajaran perguruan tinggi se-Kaltim. (yans/sul/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation