Harus Ada Produk Berciri Khas IKN

SAMARINDA - Provinsi Kaltim yang telah ditunjuk menjadi Ibu Kota Negara (IKN) baru tentu memberikan dampak yang sangat positif terhadap berbagai  program pembangunan  maupun peningkatan kesejahteraan rakyat Kaltim.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni  mengatakan warga Kaltim khususnya para anak muda harus memiliki jiwa  Preneurs,  serta mampu menumbuhkan kreatifitas pelaku usaha muda untuk mengembangkan potensinya  dengan berbagai produk.

"Menyongsong IKN, para usahawan muda harus memiliki kreasi sehingga prodak yang dihasilkan berbeda dengan produk lainnya,  termasuk membuat diractory-diractory apa sih yang menjadi ciri khas IKN, kulinernya apa, feshionnya apa," kata Sri Wahyuni disela acara penyerahan sertifikat Mini University Kaltim Preneurs 2019 di Kantor Perwakilan BI Kaltim, Kamis (12/12/2019).

Sri Wahyuni menambahkan dalam pengembangan produk melalui kreasi tidak mesti berangkat dari warisan budaya  yang dimiliki, tetapi bisa melalui apa yang diciptakan atau inovasi.

"Jangan sampai nanti orang luar Kaltim yang mencipta kreasi yang labelnya IKN. Alangkah lebih bagus semua itu datang dari usahawan muda Kaltim," tegasnya.

Sri Wahyuni mengatakan pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Ketika ekonomi kreatif bergerak otomatis mendorong pariwisata. Begitu pula pariwisata akan maju ketika ada produk-produk kreatif yang membuat orang  tertaril datang berkunjung.

"Kita harapkan usahawan muda Kaltim bisa terus  berkrasi dan menciptakan produk-produk  baru yang berbeda sebagai ciri khas Kaltim berkelanjutan dalam menyongsong IKN," harap Sri Wahyuni.(mar/her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation