Harus Lebih Bermanfaat Untuk Peningkatan Keimanan Umat

-Gubernur Awang Faroek resmikan Gedung Idaroh Wustho Jatman Kaltim

SAMARINDA-Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meresmikan  Gedung Idaroh Wustho Jam’iyyah Ahlith Thariqoh Al Mu’tabarah dan An Nahdliyah (Jatman) Kaltim di Kampung Bukit Pinang, Samarinda Ulu. Menurut Gubernur,  pembangunan gedung ini menjadi sangat penting sebagai sarana pendidikan dan dakwah serta syiar Islam.

”Saya berharap dari gedung ini  nantinya dapat terus disosialisasikan Jam’iyyah Ahlith Thariqoh al Mu’tabarah dan An Nahdliyah kepada umat Islam secara luas. Hal ini penting untuk membantu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan umat kepada Allah SWT,” kata Gubernur Awang Faroek pada peresmian gedung tersebut,  Jumat (25/1).

Dijelaskan,  salah satu usaha dan prinsip Jam’iyyah Ahlith Thariqoh al Mu’tabarah An Nahdiyah adalah meningkatkan amar ma’ruf nahi munkar kepada umat dengan jalan bijaksana  dan melalui nasehat yang baik  serta menghindari cara-cara kekerasan. Disamping itu  thariqoh ini adalah asset masyarakat dan bangsa, utamanya dalam upaya membina masyarakat untuk dapat lebih meningkatkan iman dan mencapai akhlaqul karimah, baik akhlak kepada Tuhan maupun terhadap sesama manusia melalui sistem pendekatan diri, zikrullah.

Terlebih lagi mereka yang berhimpun di dalamnya umumnya adalah para habib, ulama dan para tokoh yang kuat iman dan keyakinannya kepada Allah SWT yang bersih hati dan jiwanya, luhur budi pekertinya, selalu memegang teguh sikap positif dalam bermasyarakat, toleran berlaku adil dan lurus, seimbang dalam berbuat dan selalu mengajak pada kebaikan dan menghindari dari perbuatan keji dan munkar.

Menurut Gubernur, fungsi thariqoh yaitu untuk mendidik kehidupan manusia agar senantiasa dekat dengan Allah dan Rasul-Nya. Sementara buah thariqah adalah merasa dilihat dan didengar oleh Allah SWT. Ketika manusia selalu merasa menjadi bagian pengamatan Allah SWT, maka akan timbul reaksi dari dalam diri, diantaranya adalah rasa malu kepada Allah yang sebagai simbol keimanan.

Sementara itu ketua panitia Pembangunan Gedung Idaroh Wustho Jatman Kaltim Syahruddin Tarmidzi mengatakan, terwujudnya pembangunan gedung ini berkat perhatian penuh  Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak. Menurutnya, kelebihan khusus dari gedung ini karena gedung ini merupakan yang pertama di Kaltim maupun di Indonesia.

.”Saya bangga dan terimakasih kepada bapak gubernur mulai peletakan batu pertama pada Mei 2011 dan peresmian pada hari ini (Jumat (25/1). Beliau  selalu hadir ditengah-tengah kami,” ungkapnya.

 Gedung ini lanjut Tarmizi, merupakan  bantuan dana hibah 2010 Pemprov Kaltim  sebesar Rp 1,5 milliar dan pekerjaannya memakan waktu  1,5 tahun lebih. Pada peresmian itu Gubernur Awang Faroek juga melakukan penandatanganan prasasti peresmian dan sekaligus melihat lebih dekat bagian-bagian bangunan gedung tersebut dan  juga melakukan pemotongan tumpeng.

”Bagus sekali gedung ini. Manfaat gedung ini tentu harus lebih baik dari keindahan gedung ini. Harus memberi manfaat bagi kepentingan umat yang lebih luas,” pesan Gubernur. (sar/hmsprov).

Foto : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menandatangani prasasti peresmian  Gedung Idaroh Wustho Jam’iyyah Ahlith Thariqoh Al Mu’tabarah dan An Nahdliyah (Jatman) Kaltim di Kampung Bukit Pinang, Samarinda Ulu.(sarjono/humasprov kaltim)

Berita Terkait