Harus Lebih Kreatif Kelola Potensi Kelautan

Wagub Irup Hari Nusantara XIV

SAMARINDA - Memanfaatkan momentum peringatan Hari Nusantara XIV yang dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Senin (30/12), Wakil Gubernur Kaltim H Mukmin Faisyal mengajak masyarakat Kaltim harus lebih kreatif mengelola potensi kelautan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  
"Kita harus berbuat lebih produktif dan bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya kelautan yang sangat luar biasa ini. Masyarakat di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang masih hidup miskin,  harus segera bangkit agar lebih sejahtera. Pemerintah akan memberi perhatian besar untuk itu," kata Mukmin Faisyal.
Pada peringatan tersebut, Wagub Mukmin Faisyal bertindak sebagai inspektur upacara dan membacakan sambutan Menteri Perikanan dan Kelautan, Sharif Cicip Sutarjo. Dalam sambutannya, menteri  menegaskan,  Hari Nusantara merupakan bukti perjuangan Bangsa Indonesia dalam mewujudkan kesatuan wilayah nusantara yang  pertama kali dicetuskan melalui ”Deklarasi Djoeanda” pada tanggal 13 Desember 1957.
Dalam deklarasi ini Pemerintah Republik Indonesia menyatakan semua perairan di sekitar, diantara dan yang menghubungkan pulau-pulau yang masuk daratan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah bagian-bagian yang tak terpisahkan dari wilayah yurisdiksi Republik Indonesia.
Deklarasi Djoeanda inilah yang menjadi awal perjuangan Bangsa Indonesia untuk menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Selanjutnya, pada 13 Desember resmi ditetapkan sebagai Hari Nusantara melalui Keputusan Presiden RI Nomor 126 Tahun 2001.
Peringatan Hari Nusantara tahun ini mengambil tema ”Setinggi Langit Sedalam Samudera Potensi Pariwisata dan Kreativitas Nusantara Yang Tak Terhingga”.  Tema ini dibuat langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang ditunjuk sebagai ketua panitia peringatan Hari Nusantara 2013.
Usai membacakan amanat Menteri Perikanan dan Kelautan, Wagub Mukmin Faisyal secara simbolis  memberikan bantuan kepada 11 kabupaten dan kota berupa alat-alat perikanan juga penyerahan hadiah kepada pemenang lomba kelompok penangkap ikan, pengeloaan, pembudidaya  dan Pokamwas terbaik tingkat provinsi. Wagub juga meninjau langsung kapal penangkap ikan bantuan pusat di dermaga depan kantor gubernur Kaltim untuk kelompok nelayan Samarinda.
Peringatan Hari Nusantara ke-14 pagi kemarin dihadiri jajaran TNI/Polri, Pegawai Negeri Sipil, mahasiswa, pelajar SMK Pelayaran Samarinda, serta jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim. (sar/hmsprov)

//// FOTO : Wakil Gubernur Kaltim H Mukmin Faisyal menyerahkan bantuan kapal penangkap ikan kepada nelayan.(johan/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation