Harus Lebih Sukses

*Gubernur Koordinasikan Kesiapan Gelar TTGN XVI Kaltim

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyatakan, persiapan jelang pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) XVI, 18-23 Juni 2014 sudah mencapai 80 persen.  

Untuk memantapkan kesiapan pelaksanaan tersebut, diharapkan seluruh pihak, terutama jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang tergabung dalam panitia pelaksana dapat saling bekerjasama, sehingga pelaksanaan Gelar TTGN berlangsung sukses dan lancar.  

“Kita sudah sering melaksanakan even nasional di daerah. Mulai PON, Hari Koperasi dan Penas KTNA. Semua berlangsung aman dan sukses. Karena itu, saya berharap, Gelar TTGN nanti juga berlangsung sukses dan lancar,” kata Awang Faroek Ishak usai memimpin rapat koordinasi terakhir persiapan jelang Gelar TTG-N XVI 2014 Kaltim, di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu (14/6).

Gubernur menyebutkan, hingga saat ini belum ditemui kendala berarti. Termasuk kesiapan akomodasi, transportasi dan lokasi pelaksanaan pembukaan dan penutupan yang akan dihadiri Wakil Presiden (Wapres) Boediono, 19 Juni mendatang di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda. 

“Saya ingatkan agar kendaraan untuk penjemputan Wapres hingga tempat pelaksanaan, termasuk ruang transit betul-betul disiapkan dengan baik. Yang jelas, dipastikan Wapres Boediono yang hadir,” jelasnya.

Selain itu, gubernur juga menyorot agar kesiapan listrik menjadi perhatian penting, baik saat acara pembukaan maupun penutupan. Gubernur mengingatkan agar pelaksanaan Gelar TTGN tidak kacau balau karena persoalan listrik padam.

Selebihnya, Gubernur Awang Faroek berharap agar pelaksanaan Gelar TTGN berdampak langsung terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Kaltim. Apalagi, kegiatan ini diperkirakan diikuti 7.000 peserta.

“Saya yakin pelaksanaan Gelar TTGN akan memberikan manfaat bagi masyarakat Kaltim. Perputaran uang pasti sangat tinggi, karena dipastikan banyak peserta yang berbelanja di sini. Karena itu, saya berharap agar semua persiapan harus baik dan kita semua harus welcome dengan para tamu daerah yang akan berkunjung ke Kaltim,” jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi mengatakan persiapan hingga Jumat sore (13/6) mencapai 80 persen. Berbagai persiapan dari gerbang masuk hingga stand pameran dan lokasi pembukaan dan penutupan acara pun telah siap.

Selain itu, untuk pelayanan para tamu penting panitia telah menyiapkan 111 mobil yang akan  disiapkan di Terminal Bandara Sepinggan Balikpapan. Untuk 33 gubernur dan 33 Ketua DPRD Provinsi disiapkan kendaraan jenis alphard, camry dan pajero. Sedangkan untuk 33 ketua kontingen dari seluruh Indonesia disiapkan sebanyak 33 unit kendaraan jenis innova. 

“Transportasi dipastikan tidak ada masalah. Karena, sejak 18 Juni 2014 kendaraan sudah disiapkan di Terminal Bandara. Selain  111 unit kendaraan, panitia juga menyiapkan 10 unit bus untuk di Samarinda. Transportasi ini akan digunakan para peserta dengan kapasitas 400 peserta atau perwakilan peserta saja. Semua disiapkan untuk kemudahan peserta dan undangan yang datang ke Kaltim,” beber Rusmadi.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim HM Jauhar Efendi mengatakan ketika pelaksanaan tersebut, Kaltim akan menampilkan berbagai produk unggulan TTG dari masing-masing kabupaten/kota se-Kaltim, antara lain alat kompor bakar sumbu putar dan perajang serbaguna yang akan ditampilkan Kota Samarinda.

Mesin pres seal cup dan mesin es serut ditampilkan Kota Balikpapan, perajang spiral dan perajang serbaguna ditampilkan Kutai Kartanegara, mesin pencetak sosis dan perajang spiral ditampilkan Kabupaten Paser, mesin parut serbaguna mini dan deep fryer ditampilkan Kutai Timur.

“Kami berharap alat teknologi yang ditampilkan tersebut dapat diketahui seluruh masyarakat yang hadir ketika pelaksanaan, termasuk peserta TTGN. Bahkan, alat steril press dan alat pemanas air plat datar tenaga matahari dari Paser juga akan ditampilkan. Karena, alat tersebut merupakan bagian dari alat teknologi tepat guna unggulan Kaltim,” jelasnya. (jay/sul/adv)

////Foto : Gubernur Awang Faroek Ishak dan Plt Sekprov Kaltim Rusmadi memimpin rapat koordinasi akhir jelang persiapan pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) XVI. (jaya/humasprov)

 

 

Berita Terkait