Hasil Lomba Pokdarwis 2015 Tingkat Provinsi

Pokdarwis Nyiur Melambai Wakili Kaltim ke Tingkat Nasional

SAMARINDA- Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Nyiur Melambai asal Kabupaten Berau berhasil meraih juara pertama lomba Pokdarwis Tingkat Provinsi Kaltim 2015 yang dilaksanakan di Gedung Utama UPTD Taman Budaya Samarinda, Kamis (7/8). Pokdarwis Nyiur Melambai berhak mewakili Kaltim ke tingkat nasional di Sulawesi Tengah, September mendatang

Pokdarwis Nyiur Melambai berhasil mengalahkan 13 kelompok sadar wisata dari 10 kabupaten/kota se-Kaltim, sementara itu juara kedua diraih Linggang Melapeh Kutai Barat, juara ketiga Kabo Jaya Kutai Timur, harapan I Arum Sari Kutai Kartanegara, harapan II Kuala Abadi Bontang dan harapan III Mangrove Centre Balikpapan.  

Diharapkan, Pokdarwis Nyiur Melambai dapat memberikan prestasi terbaik di tingkat nasional, seperti yang pernah diraih Pokdarwis Linggang Melapeh asal Kutai Barat meraih prestasi 10 besar tingkat nasional 2013 dan 2014 Pokdarwis Kabo Jaya asal Kutai Timur meraih peringkat enam besar tingkat nasional dari 900 Pokdarwis di Indonesia.

“Peluang untuk meraih prestasi 10 besar tingkat nasional kami yakin dapat diraih. Namun kami berharap Pokdarwis Nyiur Melambai mampu mempertahankan prestasi yang telah diraih Kaltim sebelumnya, yakni diperingkat enam besar,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim HM Aswin ketika dikonfirmasi di Kantor Disbudpar Kaltim, Jumat (7/8).

Pemprov Kaltim yakin peluang Pokdarwis Nyiur Melambai sangat besar untuk meraih prestasi terbaik di tingkat nasional. Apalagi, obyek wisata di Kabupaten Berau masih termasuk prioritas utama para wisatawan untuk menjalani liburan di Negara ini. Apalagi, Pokdarwis Nyiur Melambai akan mengangkat obyek wisata di Biduk-Biduk, yakni di Labuan Cermin.

Meski demikian, melalui lomba Pokdarwis tingkat provinsi diharapkan dapat memberikan motivasi para masyarakat untuk kreatif dan memanfaatkan sumber daya yang ada di masing-masing daerah.

“Pengembangan sadar wisata di Kaltim dinilai semakin meningkat. Hal ini, terlihat dari antusiasme masyarakat untuk membentuk kelompok sadar wisata di masing-masing daerah. Contohnya, ketika penyuluhan yang kami lakukan baru-baru ini di Batu Majang Mahakam Ulu, ternyata setelah kami melakukan penyuluhan mereka ramai membentuk kelompok sadar wisata dan mereka tahun ini turut mengikuti lomba yang dilaksanakan tingkat provinsi,” jelasnya.

Peningkatan sadar wisata tersebut dapat terlihat dari jumlah Pokdarwis yang terbantuk di Kaltim maupun di Kaltara sejak 2013 hingga 2015, yakni 2013 Pokdarwis yang ada hanya 13 kelompok dari 15 kabupaten/kota se Kaltim dan Kaltara, 2014 meningkat sebanyak 48 kelompok dari 15 kabupaten/kota se-Kaltim dan Kaltara dan 2015 kembali meningkat menjadi 54 kelompok dari 10 kabupaten/kota se Kaltim tanpa Kaltara.(jay/adv)

//Foto: Kadisbudpar HM Aswin diwakili Kabid Bina Suaha Jasa dan Sarana Pariwisata Anthony Rakhman saat menyerahkan tropy kepada Juara Pertama Lomba Pokdarwis Tingkat Provinsi Kaltim 2015.

 

 

Berita Terkait