Heningkan Cipta Selama 1 Menit

Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2013

SAMARINDA–Masyarakat Kaltim diharapkan dapat berpartisipasi saat Peringatan Hari Pahlawan 10 November mendatang dengan cara mengheningkan cipta selama 1 menit, serentak pada pukul 08.15 wita. Pada momen tersebut, warga dimanapun berada, di pasar, rumah, sekolah, kantor dan pengguna jalan diharapkan berhenti sejenak saat detik-detik mengheningkan cipta.  
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kaltim, Hj Siti Rusmalia Idrus melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, H Muhammad Yunus di ruang kerjanya, Senin (21/10).  “Mengheningkan cipta ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia sesuai dengan waktu masing-masing pada pukul 08.15.
Untuk itu diimbau seluruh masyarakat Kaltim berpartisipasi untuk mengenang jasa para pahlawan,” ujarnya.  Dijelaskan Peringatan Hari Pahlawan 10 November mendatang mengambil tema nasional “Pahlawanku Idolaku” yang diharapkan semangat para pahlawan dapat diteladani oleh generasi muda saat ini.  
Untuk Kaltim peringatan akan dimulai dengan upacara bendera di Taman Makam Pahlawan Samarinda, dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga serta dilanjutkan dengan pencanangan bulan November sebagai bulan kepahlawanan.  
“Selain itu di rumah-rumah dan kantor serta instansi dapat mengibarkan bendera merah putih sebagai penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan,” harapnya.
Selama satu bulan penuh, instansi, lembaga dan masyarakat dapat menyelenggarakan berbagai lomba seperti baca puisi, seminar dan kegiatan-kegiatan yang bernuansa kepahlawanan. Untuk Kabupaten/kota, diharapkan juga melaksanakan kegiatan yang sama dengan provinsi. Begitu juga  dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) provinsi dan kabupaten/kota agar tetap melaksanakan apel peringatan di kantor masing-masing.  
“Karena tanggal 10 November jatuh pada hari Minggu, kemungkinan upacara akan diundur. Kepastian waktu masih menunggu hasil rapat dan kesepakatan dengan gubernur,” jelasnya. (yul/hmsprov)


 

Berita Terkait
Government Public Relation