Hidayatullah, Laskar Pangeran Antasari Kalimantan

Sangat Wajar

 

Laskar Pangeran Antasari Kalimantan sangat mendukung “waja sampai ka puting”  terhadap penamaan bandara di Balikpapan menjadi  Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Mengingat kharisma Sultan Kutai ke-18 ini  yang bergelar Sultan AM Sulaiman Al Adil Khalifatul Mukminin memiliki jiwa ketokohan dan  demokratis serta sangat mengayomi rakyatnya.

 Terbukti pada tahun 1873-1905 telah mengeluarkan kebijakan pelarangan terhadap perbudakan bagi masyarakat Kaltim sehingga pantas disebut atau diberi gelar sebagai tokoh penegakan Hak Asasi Manusia Kaltim.

Selain itu, Sultan AM Sulaiman telah memprakarsai pertambangan batubara di kawasan Loa Kulu  untuk dijadikan sumber energi pembangkit listrik tenaga uap khususnya untuk penerangan di wilayah Samarinda dan Tenggarong Kutai Kartanegara.

Termasuk memprakarsai pertambangan minyak di Balikpapan dan Sanga-Sanga sehingga berdirinya perusahaan BPM dan Pertamina. Selanjutnya, memprakarsai pembangunan lapangan terbang  di Balikpapan untuk kebutuhan pendukung kegiatan ekonomi dan pertahanan.

Sehingga sangat wajar kalau Sultan AM Sulaiman menjadi ikon masyarakat Kaltim salah satunya dengan pemberian nama Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan untuk kita semua.

Berita Terkait
Government Public Relation